OPTIMALISASI KINERJA PEGAWAI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN DI KANTOR URUSAN AGAMA (KUA) KECAMATAN ENGGALKOTA BANDARLAMPUNG

RURI NOVA ANDRIANTI, and (2020) OPTIMALISASI KINERJA PEGAWAI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN DI KANTOR URUSAN AGAMA (KUA) KECAMATAN ENGGALKOTA BANDARLAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of FULL SKRIPI.pdf] PDF
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPI BAB 1-2 .pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Kinerja adalah tentang melakukan pekerjaan dan hasil yang dicapai dari pekerjaan tersebut. Pelayanan adalah kegiatan yang dilakukan oleh seseorang atau sekelompok orang dengan landasan faktor materi melalui sistem, prosedur dan metode tertentu dalam rangka usaha memenuhi kepentingan orang lain sesuai dengan haknya. Dalam hal ini tidak semua pegawai setiap bulannya melaksanakan tugas nya, maka dari itu pegawai di KUA Kecamatan Enggal tidak banyak, dan fasilitas yang ada di KUA seadanya. Dalam menjalankan tugasnya pegawai KUA telah berusaha seoptimal mungkin dengan kemampuan dan fasilitas yang ada untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat. Namun demikian tugas dan peran KUA di Kecamatan Enggal ini tidak terealisasikan dengan sebagaimana mestinya dikarenakan pegawai yang kurang untuk melaksanakan tujuan yang telah direncanakan dan fasilitas yang kurang memadai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui optimalisasi kinerja pegawai dalam meningkatkan kualitas pelayanan KUA Kecamatan Enggal. Jenis penelitian yaitu penelitian kualitatif. Metode penelitian ini bersifat deskriptif. Sampel pada penelitian ini berjumlah 7 pegawai. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dokumentasi. Hasil penelitian ini : setiap pegawai KUA Kecamatan Enggal sudah bekerja dengan job description masing-masing. Pada saat awal tahun masingmasing pegawai membuat SKP tahunan, dan setiap akhir bulan melakukan evaluasi bulanan untuk mengetahui progres dari SKP tahunan. Pada saat akhir tahun SKP dievaluasi dan dinilai, apabila akumulasi penilaian nilainya bertambah maka pegawai yang bersangkutan mendapat nilai baik naik pangkat pada tiap 4 bulan sekali. Dengan adanya evaluasi bulanan dan reward tahunan maka pegawai KUA selalu mengoptimalkan dalam memberikan pelayanan prima, cepat, dan terpercaya kepada masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Najib Ali
Date Deposited: 15 Sep 2020 03:05
Last Modified: 15 Sep 2020 03:05
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/11748

Actions (login required)

View Item View Item