MANAJEMEN PONDOK PESANTREN AL-ISMAILIYUN DALAM KEGIATAN DAKWAH DI MASYARAKAT DESA SUKADAMAI KECAMATAN NATAR LAMPUNG SELATAN

: M. Lare Saputra, sap (2020) MANAJEMEN PONDOK PESANTREN AL-ISMAILIYUN DALAM KEGIATAN DAKWAH DI MASYARAKAT DESA SUKADAMAI KECAMATAN NATAR LAMPUNG SELATAN. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI M. Lare Saputra.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI 2.pdf]
Preview
PDF
Download (3MB) | Preview

Abstract

Sistem belajar “Pondok Pesantren” sudah menjadi tradisi masyarakat sukadamai semenjak dibukannya tanah perkampungan Sukadamai sampai sekarang. Pondok pesantren Al-Ismailiyun merupakan lembaga Dakwah yang memiliki pengaruh besar dalam Kegiatan Dakwah kepada masyarakat, nuansa keagamaan di Desa Sukadamai juga masih terasa sangat kental, dan pondok pesantren Al-Ismailiyun telah menjadi bagian dari masyarakat sukadamai yang istiqomah dalam menjaga dan melestarikan nilai-nilai Islam dan budaya religious. Kegiatan Dakwah yang dilakukan di pondok pesantren Al-Ismailiyun mengajak masyarakat sukadamai ke arah yang lebih baik, sehingga masyarakat sukadamai merespon, mendukung, dan memberikan support dengan kegiatan Dakwah yang dilakukan pondok pesantren al-ismailiyun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Manajemen Pondok Pesantren Al-Ismailiyun dalam Kegiatan Dakwah di Masyarakat Desa Sukadamai. Berdasarkan tempat penelitian, penelitian yang dilakukan penulis merupakan penelitian lapangan (Field Research). Penelitian ini bersifat Deskriptif. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian adalah berjumlah 3.500 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik non random sampling, dalam penelitian ini penulis mengambil 10 % dari jumlah populasi 350 orang, sedangkan informan dalam penelitian ini, yaitu: 1 orang pimpinan pondok pesantren, 3 ustadz pondok pesantren, 2 orang (Tokoh agama & Tokoh masyarakat). Metode pengumpulan Data dalam penelitian ini menggunakan Wawancara, Observasi, Dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yaitu: Reduksi Data, Model data ( data display), penarikan/verifikasi kesimpulan. Manajemen pondok pesantren AlIsmailiyun dalam kegiatan dakwah di masyarakat dilakukan melalui fungsi manajemen yaitu perencanaan seperti membagi wewenang dan tugas terhadap ustadz pondok pesantren dalam melaksanakan kewajiban, lalu pengorganisasian dengan mengelompokan kegiatan dakwah yang sudah direncanakan, selanjutnya pelaksanaan kegiatan di masyarakat berbentuk safari ramadhan, pengajian thoriqoh, rutinan sholawatan, gebyar ismailiyun scout festival, pengajian peringatan hari besar islam, wisuda sarjana, zakat, dan fungsi pengawasan dengan ditemukannya beberapa faktor pendukung dan penghambat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Najib Ali
Date Deposited: 15 Sep 2020 02:59
Last Modified: 15 Sep 2020 02:59
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/11747

Actions (login required)

View Item View Item