PENGARUH DANA PIHAK KETIGA, NON PERFORMING FANANCING DAN CAPITAL ADEQUACY RATIO TERHADAP PEMBIAYAAN UMKM (Studi Pada Bank Umum Syariah Periode 2015-2018)

M.Aulia Rizki, Riz (2020) PENGARUH DANA PIHAK KETIGA, NON PERFORMING FANANCING DAN CAPITAL ADEQUACY RATIO TERHADAP PEMBIAYAAN UMKM (Studi Pada Bank Umum Syariah Periode 2015-2018). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (3MB) | Preview
[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Bank syariah memiliki fungsi menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk titipan dan investasi dari pihak pemilik dana. Fungsi lainnya ialah menyalurkan dana ke pihaklain yang membutuhkan dana dalam bentuk jual beli maupun kerjasama usaha. Dana pihak ketiga sangat diperlukan dalam pengembangan kegiatan usaha bank syariah. Dana pihak ketiga merupakan salah satu komponen yang bisa membuat penyaluran dana meningkat dan pada akhirnya akan berpengaruh positif terhadap Pembiayaan UMKM. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah pengaruh dana pihak ketiga, NPF, dan CAR secara simultan dan parsial terhadap pembiayaan umkm pada bank umum syariah di Indonesia periode 2015-2018?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh DPK, NPF, dan CAR secara simultan dan parsial terhadap pembiayaan UMKM.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh DPK, NPF dan CAR terhadap Pembiayaan UMKM Bank Umum Syariah. Pendekatan penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan sumber data yang digunakan berupa data sekunder (berupa data panel). Populasi dalam penelitian ini adalah Bank Umum Syariah (BUS) yang terdaftar di Bank Indonesia yang terdapat dalam Statistik Perbankan Syariah (SPS) dengan sampel penelitian data laporan keuangan publikasi tahunan dari tahun 2015-2018. Metode analisis data adalah analisis regresi data panelmenggunakan program komputer Eviews versi 9.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara bersama-sama (simultan) variabel independen DPK, NPF dan Pembiayaan UMKM berpengaruh signifikan terhadap Pembiayaan UMKM bank umum syariah. Secara individu (parsial) variabel DPK berpengaruh positif dan signifikan terhadap Pembiayaan UMKM bank umum syariah dilihat dari nilai thitung sebesar 0,815 dengan nilai p value 0,6796. Variabel NPF berpengaruh positif dan signifikan terhadap Pembiayaan UMKM bank umum syariah dilihat dari nilai thitung sebesar 0,774dengan nilai p value 0,6796. Variabel CAR tidakberpengaruh positif dan signifikan terhadap Pembiayaan UMKM bank umum syariah dilihat dari nilai thitung sebesar 0,642 dengan nilai p value0,6796. Berdasarkan hasil perhitungan uji determinasi besarnya koefisiensi sebesar 85,6% sedangkan sisanya 14,4% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam persamaan model regresi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 Sep 2020 03:56
Last Modified: 10 Sep 2020 03:56
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/11733

Actions (login required)

View Item View Item