PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TIPE POE (PREDICTION, OBSERVATION, AND EXPLANATION) TERHADAP KEMAMPUAN METAKOGNITIF DITINJAU DARI AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK

DWI SUSANTI, SUS (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TIPE POE (PREDICTION, OBSERVATION, AND EXPLANATION) TERHADAP KEMAMPUAN METAKOGNITIF DITINJAU DARI AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI_FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI_PERPUS.pdf]
Preview
PDF
Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Kemampuan metakognitif merupakan bagian yang sangat penting dalam kurikulum. Berdasarkan pra penelitian menunjukkan bahwa kemampuan metakognitif peserta didik SMP Negeri 36 Bandar Lampung dikategorikan masih sangat rendah. Rendahnya kemampuan metakognitif disebabkan karena pembelajaran yang digunakan guru kelas VII SMP Negeri 36 Bandar Lampung kurang mampu mengembangkan kemampuan metakognitif, sehingga perlu diterapkannya pembelajaran yang bisa membuat peserta didik untuk aktif dalam megembangkan kemampuan metakognitif tersebut. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui: (1) pengaruh model pembelajaran Discovery Learning Tipe POE (Prediction, Observation, and Explanation) terhadap kemampuan metakognitif; (2) pengaruh aktivitas belajar terhadap kemampuan metakognitif; (3) interaksi antara model pembelajaran Discovery Learning tipe POE dan aktivitas belajar terhadap kemampuan metakognitif. Penelitian ini menerapkan penelitian eksperimen, yaitu dilaksanakan melalui eksperimentasi atau percobaan. Jenis eksperimen yang digunakan yaitu Quasy Experiment, yaitu desain yang mempunyai kelompok kontrol, tetapi tidak sepenuhnya berfungsi untuk mengontrol variabel-variabel luar yang mempengaruhi pelaksanaan eksperimen. Populasi dari penelitian ini adalah kelas VII SMP Negeri Bandar Lampung. Sampel dari penelitian ini yaitu kelas VII C sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Discovery Learning Tipe POE (Prediction, Observation, and Explanation) dan kelas VII B sebagai kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional. Teknik pengambilan sampel menggunakan acak kelas. Pengambilan data yang digunakan adalah kemampuan metakognitif dan angket aktivitas belajar. Analisis data yang digunakan adalah analisis variansi dua jalan sel tak sama, dengan taraf signifikan 5% diperoleh hasil bahwa �� = 7.153 > ������ = 4.020 sehingga H0A ditolak, �� = 26.485 > ������ = 3.168 sehingga H0B dan ��� = 0.851 < ������ = 3.168 sehingga �0�� diterima. Berdasarkan analisis data maka hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh model pembelajaran Discovery Learning tipe POE terhadap kemampuan metakognitif; (2) terdapat pengaruh aktivitas belajar terhadap kemampuan metakognitif peserta didik; (3) tidak ada interaksi antara model pembelajaran Discovery Learning tipe POE dan aktivitas belajar terhadap kemampuan metakognitif peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 Sep 2020 03:45
Last Modified: 10 Sep 2020 03:45
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/11732

Actions (login required)

View Item View Item