ANALISIS PENGARUH ISLAMICITY PERFORMANCE INDEX DAN BIAYA OPERASIONAL PENDAPATAN OPERASIONAL TERHADAP PROFITABILITAS (STUDI PADA BANK UMUM SYARIAH PERIODE 2012-2018)

Ahmad Jian Sastra Ramadhan, Ram (2020) ANALISIS PENGARUH ISLAMICITY PERFORMANCE INDEX DAN BIAYA OPERASIONAL PENDAPATAN OPERASIONAL TERHADAP PROFITABILITAS (STUDI PADA BANK UMUM SYARIAH PERIODE 2012-2018). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF
Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Bank umum syariah dalam menjalankan operasionalnya harus sesuai dengan prinsip syariah. Pengukuran kinerja berdasarkan prinsip syariah dapat diukur melalui Islamicity Performance Index. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Islamicity Performance Index (IPI) dan Biaya Operasioanl Pendapatan Operasional (BOPO) terhadap Profitabilitas yang diukur melalui Return on Assets (ROA) pada Bank Umum Syariah di Indonesia pada periode tahun 2012-2018. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif kausal. Populasi dalam penelitian ini meliputi Bank Umum Syariah yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) selama periode 2012-2018 dengan menggunakan Purposive Sampling dan diperoleh 6 Bank Umum Syariah sebagai sampel dalam penelitian ini. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi data panel dengan sumber data diperoleh dari laporan keuangan tahunan (annual report) bank umum syariah di Indonesia periode tahun 2012-2018. Hasil uji hipotesis dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Islamicity Performance Index (IPI) berpengaruh positif signifikan terhadap Profitabilitas, maknanya bahwa semakin meningkat nilai IPI maka ROA akan meningkat. (2) Biaya Operasional Pendapatan Operasional berpengaruh negatif signifikan terhadap Profitabilitas, maknanya bahwa semakin meningkat nilai BOPO maka ROA akan menurun. (3) Islamicity Performance Index dan Biaya Operasional Pendapatan Operasional berpengaruh secara simultan terhadap Profitabilitas, artinya bahwa variabel IPI dan BOPO ikut menyumbang dalam menghasilkan laba bank umum syariah. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bank umum syariah dalam menjalankan kegiatannya berdasarkan prinsip syariah sudah berusaha semaksimal mungkin menerapkannya, namun terdapat beberapa prinsip syariah yang masih lemah diterapkan, seperti pembiayaan bagi hasil yang disalurkan bank umum syariah lebih rendah nilainya dibandingkan pembiayaan jual-beli, selain dapat membantu nasabah untuk menjalankan usahanya melalui pembiayaan bagi hasil, pembiayaan bagi hasil ini merupakan hal yang paling jelas membedakan antara bank umum syariah dan bank konvensional. Selain itu, prinsip syariah dari kewajiban zakat perusahaan ada yang belum tertunaikan, sedangkan zakat dalam islam merupakan kewajiban bagi setiap individu atau badan usaha, jadi seharusnya bank umum syariah menunaikan kewajiban zakatnya atas harta yang dimilikinya untuk kegiataan operasional perusahaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Konsentrasi Akuntansi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Konsentrasi Akuntansi Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 Sep 2020 02:30
Last Modified: 10 Sep 2020 02:30
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/11731

Actions (login required)

View Item View Item