ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERTUMBUHAN EKONOMI DI KOTA BANDAR LAMPUNG PERIODE 2006-2018 DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM

NOVIYAN TRI ANDHINI, AND (2020) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERTUMBUHAN EKONOMI DI KOTA BANDAR LAMPUNG PERIODE 2006-2018 DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI 2.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI NOVIYAN TRI ANDHINI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Pertumbuhan ekonomi adalah salah satu tolak ukur yang dapat dipakai untuk meningkatkan adanya pembangunan suatu daerah dari berbagai macam sektor ekonomi yang secara tidak langsung menggambarkan tingkat perubahan ekonomi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah terdapat pengaruh pendapatan asli daerah (PAD), pengeluaran pemerintah dan tenaga kerja terhadap pertumbuhan ekonomi secara parsial di Kota Bandar Lampung? Apakah terdapat pengaruh pendapatan asli daerah, pengeluaran pemerintah dan tenaga kerja terhadap pertumbuhan ekonomi secara simultan di kota bandar lampung? Bagaimana Pandangan Ekonomi Islam tentang pertumbuhan ekonomi di Kota Bandar Lampung. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh PAD, Pertumbuhan Ekonomi dan Tenaga Kerja terhadap Pertumbuhan Ekonomi secara parsial di kota Bandar Lampung. Untuk mengatahui serta mengetahui pengaruh PAD, Pertumbuhan Ekonomi dan Tenaga Kerja terhadap Pertumbuhan Ekonomi secara simultan di kota Bandar Lampung. Serta untuk mengatahui pandangan ekonomi Islam terhadap pertumbuhan ekonomi di Kota Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Kuantitatif. Data yang digunakan merupakan data sekunder yang diperoleh dari Data Publikasi BPS Provinsi Lampung dan Direkorat Jendral Perimbangan dan Keuangan. Populasi penelitian ini adalah data PAD, Pengeluaran Pemerintah, Tenaga Kerja dan PDRB dengan sampel 13 tahun, 2006-2018. Analisis data yang digunakan adalah Analisis Regresi Linier Berganda yang diolah dengan Eviews-9. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: secara parsial PAD berpengaruh positif dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi Kota Bandar Lampung, Pengeluaran Pemerintah berpengaruh positif dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi Kota Bandar Lampung, Tenaga Kerja tidak berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi Kota Bandar Lampung. Secara simulan PAD, Pengeluaran Pemerintah dan Tenaga Kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi Kota Bandar Lampung. Pertumbuhan ekonomi dalam perspektif ekonomi Islam yaitu Khilafah yang berarti bertanggung jawab sebagai pemegang amanah Allah dimuka bumi dalam mengelola PAD dan mendistribusikan Pengeluaran Pemerintah dalam kegiatan ekonomi dan sosial secara adil dan merata untuk kesejahteraan masyarakat sesuai dengan QS Al- A‟raff:96 tentang rizki yang Allah berikan kepada umatnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 09 Sep 2020 04:39
Last Modified: 09 Sep 2020 04:39
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/11720

Actions (login required)

View Item View Item