PENGARUH METODE SOSIODRAMA TERHADAP SIKAP NASIONALISME PESERTA DIDIK KELAS V di SDN 1 HARAPAN JAYA BANDAR LAMPUNG

SUCITA NOFALA DEWI, DEW (2020) PENGARUH METODE SOSIODRAMA TERHADAP SIKAP NASIONALISME PESERTA DIDIK KELAS V di SDN 1 HARAPAN JAYA BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI 2.pdf]
Preview
PDF
Download (3MB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI SUCITA NOFALA DEWI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Metode sosiodrama adalah bentuk metode mengajar dengan mendramakan atau memerankan cara tingkah laku di dalam hubungan sosial. Metode sosiodrama dapat memberikan penghayatan yang lebih luas kepada siswa terhadap materi pelajaran. Dalam hal ini metode sosiodrama bertujuan unuk mengetaui bagaimana sikap nasionalisme peserta didik di sekolahan. Apakah pengaruh dari metode sosiodrama ini dapat mempengaruhi sikap nasionalisme yang dimiliki oleh setiap peserta didik. Tujuan diadakannya penelitian ini ialah untu mendiskripsikan dan memberikan sumbangan bagi perkembangan dan pengembangan teori, khuusnya teori tentang pengaruh metode sosiodrama, khususnya faktor penyebab anak kurang termotivasi belajar dan cara mengatasi sikap nasionalisme peserta didik di sekolahan SDN 1 Harapan Jaya Bandar Lampung. Peneliian ini merupakan penelitian deskriptif analisis lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan mendeskripsikan atau menjelaskan sesuatu hal seperti apa adanya sehingga gambaran yang jelas tentang situasi- situasi dilapangan. Subjek peneitian sendiri meliputi Peserta didik kelas V dan Guru Kelas V. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu rekaman wawancara, obsrvasi dan dokumentasi. Alat pengumpulan data yang digunakan yaitu rekaman audi video, catatan lapangan, penyebaran angket, dan foto. Hasil penelitian diperoleh sebagai berikut, pengaruh metode sosiodrama terhadap sikap yag dimiliki peserta didik SDN 1 Harapan Jaya Bandar Lampung dapat dinyatakan efektif. Hal tersebut diperoleh dari minat belajar mereka terhadap pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan sebelum diterapkan metode sosiodrama dan setelah diterapkan nya metode sosiodrama ini dalam mempengaruhi hasil belajar dan juga sikap sosial dimana peserta didik lebih memahami dan timbul sikap tanggung jawab terhadap tugas dan kewajiban selaku siswa, rasa mengharai, menghormati dan tolong menolong mengikuti pelajaran PKN melalui metode sosiodrama.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 09 Sep 2020 04:27
Last Modified: 09 Sep 2020 04:27
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/11719

Actions (login required)

View Item View Item