PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK MENGGUNAKAN TEKNIK ASSERTIVE TRAINING UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN INTERPERSONAL PESERTA DIDIK KELAS X SMK NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2018/2019

NOVERTI AULIA, AUL (2020) PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK MENGGUNAKAN TEKNIK ASSERTIVE TRAINING UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN INTERPERSONAL PESERTA DIDIK KELAS X SMK NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview
[thumbnail of skripsi Noverti Aulia...pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK MENGGUNAKAN TEKNIK ASSERTIVE TRAINING UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAAN INTERPERSONAL PESERTA DIDIK KELAS X SMK NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG TAHUNPELAJARAN 2018/2019 Kehidupan sosial sangatlah penting untuk kehidupan seseorang karena dengan adanya hubungan sosial maka seorang individu dapat menjalin hubungan yang harmonis dengan sesama dan dapat dengan mudah beradaptasi dilingkungan baru dan bisa mengetahui apa yang baik dan yang kurang baik. Berdasarkan hasil observasi, wawancara dan penyebaran kuesioner kecerdasan interpersonal yang peneliti lakukan dilingkukan sekolah maka didapatkan peserta didik yang belum memenuhi kriteria kecerdasan interpersonal yang baik. Dari permasalahan tersebut peneliti mencoba menerapkan layanan bimbingan kelompok menggunakan teknik assertive training pada peserta didik yang belum memenuhi kriteria kecerdasan sosial positif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah layanan bimbingan kelompok dengan teknik assertive training berpengaruh untuk meningkatkan kecerdasan interpersonal positif pada peserta didik kelas X Geomatika SMK Negeri 2 Bandar Lampung. Jenis penelitian yang peneliti lakukan adalah kuantitatif dengan menggunakan pre-eksperimental designs dengan desain penelitian one grouppretest-postest design. Subyek penelitian ini peserta didik kelas X geomatika di SMK Negeri 2 Bandar Lampung. Kemudian didapatkan 9 sampel dengan teknik pourpousive sampling untuk menangani peserta didik diatas. Hasil rata-rata skor kecerdasan interpersonal sebelum mengikuti bimbingan kelompok dengan teknik assertive training dari hasil pre-test pada 9 peserta didik sebelum mengikuti layanan bimbingan kelompok menggunakan teknik assertive training dengan rata-rata skor 8,77. Dan setelah mengikuti kegiatan meningkat menjadi 14,5. Dari hasil uji-t dengan derajat kebebasan df=8 dengan taraf signifikan (α) 0,005 sebesar 2.268. Karena thitung > dari ttabel (- 11.701>5.777), maka Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti layanan bimbingan kelompok dengan teknik assertive training berpengaruh terhadap meningkatnya kecerdasaan interpersonal peserta didik kelas X Geomatika SMK Negeri 2 Bandar Lampung. Saran yang diajukan peneliti yaitu kepada guru bimbingan dan konseling agar dapat memprogramkan dan melatih peserta didik dengan layanan bimbingan dan konseling untuk membantu mengatasi permasalahan peserta didik, terutama pada peserta didik yang memiliki kecerdasan interpersonal rendah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 09 Sep 2020 01:58
Last Modified: 09 Sep 2020 01:58
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/11713

Actions (login required)

View Item View Item