HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN MAJEMUK DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA KELAS VII MTs AL-MUHAJIRIN PANJANG

MERI ROLISA FITRI, FIT (2020) HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN MAJEMUK DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA KELAS VII MTs AL-MUHAJIRIN PANJANG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of COVER BAB1-2 DAPUS.pdf]
Preview
PDF
Download (775kB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN MAJEMUK DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTs Al MUHAJIRIN PANJANG Oleh : Meri Rolisa Fitri Pemecahan masalah dipandang sebagai suatu proses untuk menemukan kombinasi dari jumlah aturan yang dapat diterapkan dalam upaya mengatasi situasi yang baru. Pemecahan masalah matematika penting dalam pembelajaran matematika yang belum dikembangkan secara optimal pada siswa. Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dipengaruhi oleh kecerdasan majemuk , kecerdasan majemuk adalah suatu kemampuan berpikir yang terdiri dari beberapa bagian dan merupakan satu kesatuan dan dimiliki oleh seseorang. Selain itu dipengaruhi juga oleh motivasi terhadap siswa, motivasi adalah upaya seseorang untuk mendorong melakukan tindakan atau aktivitas yang dapat mencapai tujuanyangdinginkan. Tujuan penelitian ini untuk melihat hubungan kecerdasan majemuk siswa dan motivasi belajar terhadap siswa dalam mendiskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif, penelitian deskriptif kuantitatif adalah suatu analisis yang memberikan interprestasi dengan cara menggambarkan kenyataan dan keadaan atas suatu objek dalam bentuk kalimat dan dinyatakan dalam bentuk tertulis atau lisan sehingga akan memberikan gambaran yang memiliki relevansi dengan masalah yang diajukan dan pada akhirnya tercapai pada kesimpulan. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan sampel secara keseluruhan. sampel dalam penelitian ini adalah 30 peserta didik kelas VII di MTs Al Muhajirin Panjang.teknik pengambilan data yang digunakan adalah tes kemampuan pemecahan masalah, angket motivasi belajar, angket kecerdasaan majemuk, dokumentasi, wawancara. Adapun dalam menganalisis hasil penelitian digunakan rumus Uji F atau Uji Simultan. Untuk mengetahui seberapa besar presentase hubungan antara variabel x1, x2 dan variabel y. Dari pengujian hipotesis dengan menggunkan rumus Uji F atau Uji Simultan tersebut dapat diketahui hasil penelitian ini adalah terdapat hubungan antara kecerdasan majemuk dan motivasi belajar peserta didik terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik kelas VII MTs Al Muhajirin panjang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 Sep 2020 04:16
Last Modified: 08 Sep 2020 04:16
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/11710

Actions (login required)

View Item View Item