JUAL BELI SINGKONG YANG DI SIRAM SEBELUM DI JUAL DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (Studi Di Desa Margorejo Kec. Tegineneng Kab. Pesawaran)

Didik Mei Sarnanda K, Sar (2020) JUAL BELI SINGKONG YANG DI SIRAM SEBELUM DI JUAL DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (Studi Di Desa Margorejo Kec. Tegineneng Kab. Pesawaran). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI 2.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI Didik Mei Sarnanda K.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Jual beli merupakan suatu bagian dari muamalah yang biasa dialami oleh manusia sebagai sarana berkomunikasi dalam hal ekonomi. Jual beli merupakan sebuah transaksi yang dilakukan oleh kedua belah pihak, yakni penjual dan pembeli dalam pemindahan hak pemilikan suatu benda yang didahului dengan akad dan penyerahan sejumlah uang yang telah ditentukan. Dari pelakasanaan jual beli itu maka apa yang dibutuhkan manusia dapat diperoleh, bahkan dengan jual beli ini manusia dapat memperoleh keuntungan yang akhirnya dapat meningkatkan perekonomian manusia. Banyak orang melakukan penyimpangan atau melakukan kecurangan dalam jual beli demi memperoleh keuntungan yang lebih banyak. Seperti yang terjadi di Desa margorejo Kec. Tegineneng kab. Pesawaran, penyimpangan atau kecurangan dalam jual beli singkong yang dilakukan oleh tengkulak singkong bahwa setiap singkong satu truk akan disiram air, dengan mempunyai alasan tengkulak singkong untuk menjaga singkong agar tidak layu atau kering, air yang disiramkan akan menambah berat timbangan. Fenomena tentang adanya kecurangan atau penyimpangan yang terjadi pada masyarakat di Desa Margorejo. Kurangnya pemahaman masyarakat tentang aturan jual beli dalam Islam merupakan salah satu penyebab terjadinya penyimpangan atau kecurangang tersebut. Rumusan masalah skripsi ini adalah bagaimana pelaksanaan jual beli singkong di Desa Margorejo Kec. Tegineneng Kab. Pesawaran dan bagaimana pandangan hukum Islam terhadap jual beli singkong yang disiram sebelum dijual di Desa Margorejo Kec. Tegineneng Kab. Pesawaran. Adapun tujuan yaitu untuk mengetahui pelaksanaan jual beli singkong yang disiram sebelum dijual di Desa Margorejo Kec. Tegineneng Kab. Pesawaran dan untuk menjelaskan pandangan hukum Islam tentang pelaksanaan jual beli singkong yang disiram sebelum dijual di Desa Margorejo Kec. Tegineneng Kab. Pesawaran. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research), data yang dikumpulkan adalah data primer melalui observasi, interview dan dokumentasi. Analisis dilakukan secara kualitatif dengan metode induktif. Berdasarkan penelitian ini, bahwa pelaksanaan jual beli singkong yang siram sebelum dijual yang dilakukan tengkulak singkong tidak menjelaskan tentang apa yang sudah terjadi kepada pembeli. Adapun dalam hukum Islam pelaksanaan jual beli singkong yang disiram air tidaklah sesuai dengan syari‟at hukum Islam, karena adanya kesengajaan dari penjual untuk menyembunyikan suatu hal dari barang dagangannya dapat menimbulkan gharar atau penipuan yang merugikan salah satu pihak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 Sep 2020 03:01
Last Modified: 08 Sep 2020 03:01
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/11699

Actions (login required)

View Item View Item