PENGARUH KONSELING INDIVIDU DENGAN PENDEKATAN CLIENT CENTERED TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X IPS 2 SMA MUHAMMADIYAH 2 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Lekok Pebriyanti, Peb (2020) PENGARUH KONSELING INDIVIDU DENGAN PENDEKATAN CLIENT CENTERED TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X IPS 2 SMA MUHAMMADIYAH 2 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PUSAT 1 2.pdf]
Preview
PDF
Download (3MB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI FEBRI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Motivasi belajar merupakan kecenderungan peserta didik dalam melakukan kegiatan belajar yang didorong oleh hasrat untuk mencapai prestasi atau hasil belajar sebaik mungkin. Dengan adanya motivasi belajar yang tinggi, tentu peserta didik akan lebih terarah dalam berpikir, bertindak dan berbuat sehingga sesuai dengan tujuan yang diinginkan. Namun kenyataan yang terjadi di kelas X IPS 2 SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2019/2020, terdapat beberapa peserta didik yang mengalami motivasi belajar rendah yang ditunjukkan dari sikap peserta didik yang mudah menyerah ketika mendapat nilai jelek, merasa cukup dengan kemampuan yang dimiliki, tidak percaya diri akan potensi yang dimiliki, malas belajar meskipun orang tua memberi hukuman jika mendapatkan nilai jelek, tidak mau mencoba sesuatu yang baru karena dianggap membuang waktu, merasa malas jika suasana di kelas ramai. Sehingga perlu dilakukan penelitian dengan judul pengaruh konseling individu dengan pendekatan Client Centered terhadap motivasi belajar peserta didik kelas X IPS 2 di SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh konseling individu dengan pendekatan Client Centered terhadap motivasi belajar peserta didik. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen dengan memberikan perlakuan tertentu terhadap subjek yang bersangkutan menggunakan metode kuantitatif Pre-Experimental design (One- Group Pretest-Posttest Design). Sampel yang digunakan sebanyak 5 peserta didik kelas X IPS 2 SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung yang memiliki motivasi belajar rendah. konseling individu dengan pendekatan Client Centered dilakukan sebanyak 4 kali. Subjek diobservasi sebanyak 2 kali (Pretest-Posttest). Hasil analisis penghitungan data menggunakan uji Wilcoxon signed rank test, diperoleh nilai Z-hitung 2.023b dengan Probabilitas Sig. (2-tailed) 0,043 ≤ 0,05. Yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Selain itu didapat nilai rata-rata Postest lebih besar daripada nilai rata-rata Pretest (104 > 56). Jadi dapat disimpulkan bahwa konseling individu dengan pendekatan Client Centered berpengaruh dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas X IPS 2 di SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 Sep 2020 02:26
Last Modified: 08 Sep 2020 02:26
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/11694

Actions (login required)

View Item View Item