PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS XI DI SMK MIFTAHUL ULUM BANDAR LAMPUNG

MAHFUD SIDIQ, SID (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS XI DI SMK MIFTAHUL ULUM BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&2.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview
[thumbnail of skripsi full fix.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Model pembelajaran merupakan rancangan dalam prosesn belajar mengajar dari awal hingga akhir kegiatan belajar mengajar dikelas. Beberapa pendidik belum memberikan model pembelajaran yang bervariasi. Hal ini dapat menyebabkan peserta didik cenderung pasif, mudah bosan, dan kurangnya rasa saling menghargai antar peserta didik, serta kurang bekerjasama dengan peserta didik lain. Oleh karena itu peneliti menggunakan model pembelajaran Take and Give agar dapat memberikan pengalaman belajar yang bervariasi, meningkatkan sikap saling bekerjasama, dan rasa saling menghargai. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah Model Pembelajaran Take and Give memiliki pengaruh yang signifikan Terhadap Hasil Belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas XI di SMK Miftahul Ulum Bandar Lampung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Take and Give terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas XI di SMK Miftahul Ulum Bandar Lampung. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain eksperimen Quasi Eksperimen dengan menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI SMK Miftahl Ulum Bandar Lampung. Sedangkan sampel dalam penelitian ini menggunakan sampel jenuh, yaitu seluruh kelas XI menjadi anggota sampel. Adapun penentuan kelas eksperimen dan kelas kontrol menggunakan teknik undian. Hasilnya peserta didik kelas XI A terpilih sebagai kelas kontrol dan peserta didik kelas XI B sebagai kelas eksperimen. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini berupa tes ranah kognitif dan dokumentasi. Hasil perhitungan uji hipotesis Uji T (Paired Sample T test) pada kelas eksperimen dengan program SPSS Statistic V 20 For Window diperoleh hasil nilai nilai sig (2-tailed) sejumlah 0,000<0,05 dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dalam penggunaan Model Pembelajaran Take and Give terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas XI di SMK Miftahul Ulum Bandar Lampung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Sep 2020 03:25
Last Modified: 07 Sep 2020 03:25
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/11691

Actions (login required)

View Item View Item