PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KALKULUS BERORIENTASI NILAI KEISLAMAN DAN BERWAWASAN LINGKUNGAN DENGAN PENDEKATAN GUIDED DISCOVERY

Nanang, Supriadi and Nirva, Diana (2019) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KALKULUS BERORIENTASI NILAI KEISLAMAN DAN BERWAWASAN LINGKUNGAN DENGAN PENDEKATAN GUIDED DISCOVERY. UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Repository-Laporan Dummy Book-NANANGS 2019.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Kesulitan mahasiswa dalam memahami materi pada mata kuliah kalkulus menjadi masalah yang melatar belakangi penelitian ini, bahan ajar yang digunakan dalam perkuliahan masih minim, bahasa yang digunakan dalam bahan ajar pun kurang komunikatif dan mahasiswa belum menemukan sendiri pemahamannya dalam bahan ajar tersebut sehingga mahasiswa kurang aktif dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan dan kelayakan modul yang dihasilkan, yaitu modul kalkulus bernuansa keislaman dan berwawasan lingkungan dengan pendekatan Guided Discovery. Metode dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) menggunakan model 4D oleh Thiagajaran. Tahapan yang dilakukan yaitu Define (Pendefenisian), Design (Perancangan), Development (Pengembangan) dan Desseminate (Penyebaran). Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil bahwa validasi ahli materi pada aspek kualitas isi memperoleh rata-rata skor 3,75 dengan kriteria valid, pada aspek guided discovery memperoleh rata-rata skor 3,78 dengan kriteria valid, dan aspek bahasa memperoleh rata-rata skor 3,62 dengan kriteria valid. Validasi ahli lingkungan pada aspek indikator tekanan (pressure) diperoleh nilai rata-rata sebesar 3,50 dengan kriteria valid, indikator kondisi lingkungan (state) yang digunakan diperoleh nilai rata-rata sebesar 3,87 dengan kriteria valid dan indikator respon masyarakat (response) diperoleh nilai rata-rata sebesar 3,75 dengan kriteria valid. Pada uji kemenarikan secara terbatas ke mahasiswa memperoleh rata-rata skor sebesar 3,56 dengan kriteria sangat menarik, dan efektivitas dengan skor 0,51 dengan kategori sedang, sehingga berdasarkan penilaian produk yang dihasilkan dengan kategori layak.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Dr. Nanang Supriadi
Date Deposited: 03 Sep 2020 06:34
Last Modified: 03 Sep 2020 06:53
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/11684

Actions (login required)

View Item View Item