MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM MENINGKATKAN KINERJA PENGURUS PONDOK PESANTREN DAARUL KHAIR KECAMATAN KOTABUMI UDIK KABUPATEN LAMPUNG UTARA

DIAN PUSPITASARI, PUS (2020) MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM MENINGKATKAN KINERJA PENGURUS PONDOK PESANTREN DAARUL KHAIR KECAMATAN KOTABUMI UDIK KABUPATEN LAMPUNG UTARA. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
PDF
Download (435kB) | Preview

Abstract

Manajemen sumber daya manusia diartikan sebagai suatu perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, pelaksanaan dan pengawasan terhadap pengadaan, pengembangan, pemberian balas jasa, pengintegrasian, pemeliharaan, dan pemisahan tenaga kerja dalam rangka mencapai tujuan organisasi. Pelatihan dan pengembangan merupakan sebuah proses untuk meningkatkan kemampuan, keahlian, pengetahuan serta keterampilan dalam jangka waktu yang telah ditentukan, dengan kata lain pelatihan lebih memfokuskan pada peningkatan kinerja karyawan yang dibutuhkan saat ini, sedangkan pengembangan sebagai peningkatan kinerja dimasa mendatang. Sementara itu kinerja merupakan sebuah hasil kerja individu atau kelompok dalam menyelesaikan tugas-tugasnya dengan waktu yang telah ditentukan. Penelitian ini menggunkan jenis penelitian kualitatif yang mana penelitian dilakukan di pondok pesantren Daarul Khair Kecamatan Kotabumi Kota Kabupaten Lampung Utara. Subjek penelitian adalah pengurus inti dan pengurus pengabdian pondok pesantren Daarul Khair. metode pengumpulan data dilakukan melalui metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan untuk teknik keabsahan data menggunkan teknik triangulasi sumber. Dari hasil penelitian yang diperoleh yaitu pelatihan dan pengembangan yang dilakukan atau diikuti oleh pondok pesantren Daarul Khair dalam meningkatkan kinerja pengurusnya melalui kegiatan pelatihan: pelatihan kerja, pelatihan Tahfidz Qur’an menggunakan metode isyarat, pelatihan leader ship. Sedangkan untuk pengembangan melalui kegiatan: pelatihan bahasa, peratihan operator, pengajian kitab rutin, pengajian akbar, pelatihan sertifikasi pembimbing Haji dan Umroh dan pengrlolaan KBIH, pelatihan kader ulama, pelatihan pengelolaan perpustakaan, pelatihan BLK (Balai Latihan Kerja) dan lain-lain. Pengurus dapat merasakan manfaat dari kegiatan-kegiatan tersebut dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya, meskipun tidak semua kegiatan tersebut memberikan presentase yang besar pada peningkatan kinerja pengurus pondok pesantren Daarul Khair. pengukuran dan penilaian kinerja pun dilakukan oleh pondok untuk mengidentifikasi keadaan kinerja pengurusnya agar dapat mengetahui tindakan apa yang akan dilakukan seanjutnya oleh pondok pesantren Daarul Khair.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Najib Ali
Date Deposited: 03 Sep 2020 04:14
Last Modified: 03 Sep 2020 04:14
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/11674

Actions (login required)

View Item View Item