PENGARUH PRODUKSI DAN NILAI TUKAR RUPIAH TERHADAP NILAI EKSPOR KAKAO DI PROVINSI LAMPUNG PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM PERIODE 2010-2018

DELIVIA SAPITRI, SAP (2020) PENGARUH PRODUKSI DAN NILAI TUKAR RUPIAH TERHADAP NILAI EKSPOR KAKAO DI PROVINSI LAMPUNG PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM PERIODE 2010-2018. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI 2.pdf]
Preview
PDF
Download (3MB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI DELIVIA SAPITRI_1651010371 (1).pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan dari adanya perdagangan internasional adalah untuk meningkatkan perkembangan ekonomi suatu Negara, salah satunya dengan melakukan kegiatan ekspor. Kegiatan ekspor didasari dengan kondisi bahwa tidak ada Negara yang benar-benar mandiri karena akan saling membutuhkan dan saling mengisi untuk Negara satu dengan Negara yang lainnya. Ekonomi Islam menganjurkan perdagangan internasional tidak lepas dari aturan-aturan syariat, karena Allah SWT menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana pengaruh produksi terhadap nilai ekspor kakao di Provinsi Lampung? Bagaimana pengaruh nilai tukar rupiah terhadap nilai ekspor kakao di Provinsi Lampung? Bagaimana pengaruh produksi dan nilai tukar rupiah terhadap nilai ekspor kakao di Provinsi Lampung perspektif ekonomi Islam? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh produksi dan nilai tukar terhadap nilai ekspor kakao di Provinsi Lampung.Perspektif Ekonomi Islam Periode 2010-2018. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode secara kuantitatif. Sumber data yang digunakan adalah data sekunder yang dipublikasikan oleh Badan Pusat Statistik. Jumlah sampel yang digunakan adalah 9 tahun yakni tahun 2010-2018, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling. Data yang telah didapat kemudian diolah menggunakan aplikasi SPSS 23. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan, diperoleh hasil penelitian yang menyatakan bahwa variabel produksi tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai ekspor kakao dengan nilai signifikansi 0,889 > 0,05 sehingga variabel produksi tidak berpengaruh terhadap nilai ekspor. Sedangkan untuk variabel nilai tukar tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai ekspor kakao dengan nilai signifikansi 0,237 > 0,05 sehingga variabel nilai tukar tidak berpengaruh terhadap nilai ekspor. dan secara simultan produksi dan nilai tukar tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai ekspor kakao di Provinsi Lampung dengan nilai signifikansi 0,155 > 0,05 sehingga produksi dan nilai tukar tidak berpengaruh terhadap nilai ekspor. Kegiatan ekspor dalam Islam merupakan salah satu kegiatan ekonomi dalam rangka pemenuhan kebutuhan hidup manusia sebagai sarana untuk beribadah kepada Allah SWT dan dapat sejalan dengan prinsip- prinsip ekonomi islam yaitu Tauhid, Akhlak, keseimbangan dan Keadilan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Sep 2020 03:07
Last Modified: 03 Sep 2020 03:07
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/11669

Actions (login required)

View Item View Item