PENGARUH METODE RESITASI TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP BHAKTI PEMUDA LAMPUNG SELATAN

Irma Suryani, Sur (2020) PENGARUH METODE RESITASI TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP BHAKTI PEMUDA LAMPUNG SELATAN. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB I & 2.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI  FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Rendahnya hasil belajar Pendidikan Agama Islam peserta didik kelas VIII di SMP Bhakti Pemuda Tanjung Bintang Lampung Selatan, serta penggunaan metode belajar yang kurang bervariasi dan pembelajaran cenderung membosankan dan berpusat kepada guru (teacher centered) menjadi alasan dilakukannya penelitian ini. Maka perlu adanya penggunaan metode yang tepat sehingga pembelajaran cenderung berpusat kepada peserta didik dan peserta didik lebih aktif dalam belajar sehingga dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode Resitasi untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode resitasi terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII di SMP Bhakti Pemuda. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain eksperimen Quasy eksperimen dengan menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas control. Data penelitian diperoleh dari posttest dengan soal pilihan ganda untuk mengukur hasil belajar peserta didik. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji t-test diperoleh nilai t hitung > t tabel berarti H1 diterima. Artinya terdapat pengaruh penggunaan metode resitasi terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII SMP Bhakti Pemuda.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Sep 2020 03:31
Last Modified: 02 Sep 2020 03:31
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/11653

Actions (login required)

View Item View Item