HUBUNGAN KEGIATAN KEAGAMAAN TERHADAP KESEHATAN MENTAL IBU-IBU MAJELIS TA'LIM ALHIDAYAH KELURAHAN KOTABARU KECAMATAN TANJUNG KARANG TIMUR KOTA BANDAR LAMPUNG

ASPRIAWAN BAYU AJI, AJI (2020) HUBUNGAN KEGIATAN KEAGAMAAN TERHADAP KESEHATAN MENTAL IBU-IBU MAJELIS TA'LIM ALHIDAYAH KELURAHAN KOTABARU KECAMATAN TANJUNG KARANG TIMUR KOTA BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&2.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI FULL 1.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Kegiatan keagaamaan ialah segala kegiatan yang ada hubungannya dengan agama, baik berupa kepercayaan maupun nilai-nilai yang menjadi rutinitas dalam kehidupan dan menjadi pedoman dalam menjalani hubungan kepada Allah SWT dan lingkungan sekitarnya. Misalnya: pengajian, tahlilan, istighosah, TPQ dan aktivitas lainnya yang mampu memberi pengetahuan lebih guna mendekatkan diri kepada Allah SWT.Tujuan dari kegiatan keagamaan ini yaitu agar seseorang mampu mengatasi sendiri masalahnya, karena timbul kesadaran dan penyerahan diri terhadap kekuasaan Tuhan Yang Maha Esa, sehingga timbul pada diri pribadinya suatu cahaya harapan pada masa sekarang dan masa akan mendatang. Melihat kondisi tersebut maka penulis melakukan penelitian dengan rumusan masalah “ Bagaimana hubungan kegiatan keagamaan terhadap dampak kesehatan mental ibu-ibu di Majelis Ta'lim Al- Hidayah Kelurahan Kotabaru Kecamatan Tanjung Karang Timur Kota Bandar Lampung !” Tujuan dari penelitian ini adalah : Untuk mengetahui hubungan kegiatan keagamaan ibu-ibu di Majelis Ta'lim Al- Hidayah Kelurahan Kotabaru Kecamatan Tanjung Karang Timur Kota Bandar Lampung serta hubungannya antara kegiatan keagamaan pada kesehatan mental ibu-ibu di Majelis Ta'lim Al- Hidayah Kelurahan Kotabaru Kecamatan Tanjung Karang Timur Kota Bandar Lampung dalam kehidupan sehari-harinya. Penelitian ini merupakan lapangan sehingga dalam pelaksanaan penulis menggunakan metode pengumpulan data yaitu quisonier sebagai metode pokok yang dibantu dengan metode interview, obeservasi dan dokumentasi. Penelitian ini berkenaan dengan upaya kegiatan keagamaan terhadap kesehatan mental padaibu-ibudi Majelis Ta'lim Al-Huda Kelurahan Kotabaru Kecamatan Tanjung Karang Timur Kota Bandar Lampung. Dan dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa selama ini kegiatan keagamaan memiliki hubungan pada kesehatan mental ibu-ibu di Majelis Ta'lim Al-Hidayah Kelurahan Kotabaru Kecamatan Tanjung Karang Timur Kota Bandar Lampung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Sep 2020 03:02
Last Modified: 02 Sep 2020 03:02
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/11652

Actions (login required)

View Item View Item