KELAS SANTRI SEBAGAI WADAH PENGENALAN AGAMA DAN PEMBENTUKAN AKHLAKHUL KARIMAH BAGI WARGA BINAAN PEMASYARAKATAN DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN PEREMPUAN KELAS II A BANDAR LAMPUNG

RAFIKAH KHOLISH, KHO (2020) KELAS SANTRI SEBAGAI WADAH PENGENALAN AGAMA DAN PEMBENTUKAN AKHLAKHUL KARIMAH BAGI WARGA BINAAN PEMASYARAKATAN DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN PEREMPUAN KELAS II A BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of COVER - BAB I - II - DAPUS.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Kondisi warga binaan di Lapas Perempuan Kelas II A Bandar Lampung yang memiliki beragam masalah baik intern maupun ekstern dan berbagai problematika masing-masing yang dialami warga binaan seperti tekanan, cemas, stress, goncangan jiwa dan rasa khawatir untuk berinteraksi dan diterima ketika selesai menjalani masa binaan dan kembali ketengah masyarakat menyelimuti batin dan fikiran mereka sehingga membuat warga binaan ingin semakin dekat dengan Allah SWT dengan menjalankan dan memperdalam ajaran agama Islam. Kelas santri yang terdapat di Lapas Perempuan Kelas II A Bandar Lampung menjadi wadah bagi warga binaan dalam memperdalam dan membentuk pribadi yang berakhlakul karimah dengan kegiatan-kegiatan kerohanian yang rutin diadakan setiap minggunya. Dalam hal ini peneliti tertarik untuk melakukan penelitian mengenai proses kegiatan yang dilakukan pada kelas santri dan hasil dari kegiatan kelas santri tersebut bagi warga binaan dalam pemahaman agama dan pembentukan akhlak. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research) yang bersifat deskriptif kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 6 orang pembimbing kerohanian, 31 orang warga binaan yang mengikuti kelas santri, dan 1 orang petugas Lapas Perempuan Kelas II A Bandar Lampung. Dalam penelitian ini penulis menggunakan Purposive Sampling untuk menentukan sample dan sample yang sesuai dengan kriteria adala 2 orang pembimbing kerohanian, 7 orang warga binaan yang mengikuti kelas santri dan 1 orang petugas Lapas Perempuan Kelas II A Bandar Lampung. Adapun prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menyimpulkan proses kegiatan pada kelas santri ada tiga tahapan yaitu pertama, perencanaan kegiatan kelas santri meliputi materi kegiatan kelas santri dan metode kegiatan kelas santri. Kedua, pelaksanaan kegiatan kelas santri yang meliputi pembelajaran Al-Qur’an, pelaksanaan tausiyah agama, pelaksanaan dzikir dan ruqyah mandiri. Ketiga, evaluasi kegiatan kelas santri kendala pada proses pelaksanaan kegiatan kelas santri. Hasil dari kegiatan kelas santri di Lembaga Pemasyarakatan Perempuan kelas II A Bandar Lampung terdapat dua peningkatan yang terlihat pada warga binaan yaitu peningkatan dalam pemahaman keagamaan dan peningkatan dalam segi akhlak, yang mana warga binaan bukan saja bertambah wawasan keagamaannya tetapi juga menerapkan ilmu yang sudah mereka dapatkan dalam kehidupan sehari-hari sehingga hal tersebut membentuk pribadi baru bagi warga binaan menjadi lebih baik dan lebih positif, yang mana hal ini juga merubah pola tingkahlaku warga binaan seperti dalam hal mengenakan jilbab dengan baik dan benar dari sebelumnya, lebih menghargai dan sopan dalam mengikuti kegiatan kelas santri dengan khusyuk dan hikmat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Sep 2020 02:21
Last Modified: 02 Sep 2020 02:21
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/11649

Actions (login required)

View Item View Item