PENGARUH GOOD GOVERNANCE BISNIS SYARIAH (GGBS) DAN ISLAMICITY FINANCIAL PERFORMANCE INDEX TERHADAP KINERJA KEUANGAN PADA BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA TAHUN 2014 – 2018

NITA NUR FADILLAH, FAD (2020) PENGARUH GOOD GOVERNANCE BISNIS SYARIAH (GGBS) DAN ISLAMICITY FINANCIAL PERFORMANCE INDEX TERHADAP KINERJA KEUANGAN PADA BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA TAHUN 2014 – 2018. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview
[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Perkembangan perbankan syariah di Indonesia sangatlah pesat selama sepuluh tahun terakhir. Hal ini didukung oleh kondisi demografi indonesia yang memberikan keuntungan bagi perkembangan perbankan syariah karena Indonesia memiliki populasi muslim terbesar di dunia yang akan menjadi pelaku kemajuan perbankan syariah di Indonesia. Oleh karena itu tata kelola perusahaan yang baik (good corporate) menjadi sangat penting dalam peningkatan kinerja keuangan bank syariah tersebut. Pengukuran kinerja bank syariah berbeda dengan bank konvensional, merujuk dari penilitain oleh Hameed yang berhasil menemukan alat ukur baru untuk mengukur kinerja bank syariah yang tidak hanya menampilkan performance financing saja tetapi juga mengungkapkan nilai – nilai sosial bank syariah yang disebut Islamicity Performance Index. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaiamana pengaruh Good Governance Bisnis Syariah menggunakan analisis Self assessment terhadap kinerja keuangan Pada Bank Umum Syariah di Indonesia; Bagaimana pengaruh Profit Sharing Ratio terhadap Kinerja Keuangan Pada Bank Umum Syariah; Bagaimana pengaruh Zakat Performance Ratio terhadap Kinerja Keuangan Pada Bank Umum Syariah; Bagaimana pengaruh Equitable Distribution Ratio terhadap Kinerja Keuangan Pada Bank Umum Syariah; Bagaimana pengaruh Islamic Income Vs Non Islamic Income terhadap Kinerja Keuangan Pada Bank Umum Syariah. Tujuan penelian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh Good Governance Bisnis Syariah dan Islamicity Performance Index yang di interprestasikan dalam empat rasio terhadap kinerja keuangan Bank Umum Syariah. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, objek penelitian ini adalah Bank Umum Syariah yang terdaftar di Otorotas Jasa Keuangan Periode 2014- 2018 dengan pengambilan sampel mengunakan purposive sampling dan diperoleh sampel sebanyak 9 Bank Umum Syariah. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Regresi linear Berganda. Anaisis data menggunakan IBM SPSS Statistic 26. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Good Governance Bisnis Syariah, Profit sharing ratio, dan Islamic income vs non islamic income ratio idak berpengaruh terhadap kinerja keuangan bank umum syarah. Sedangkan zakat performance ratio dan equitable distribution ratio berpengaruh positif terhadap kinerja keuangan bank umum syariah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Sep 2020 02:03
Last Modified: 02 Sep 2020 02:03
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/11647

Actions (login required)

View Item View Item