KONSEP BELAJAR DALAM PEMANFAATAN POTENSI EDUKASI (Telaah Al-Qur’an Surat An-Nahl Ayat 78)

MUHAMMAD HAFIZ, HAF (2020) KONSEP BELAJAR DALAM PEMANFAATAN POTENSI EDUKASI (Telaah Al-Qur’an Surat An-Nahl Ayat 78). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI_FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI_PERPUS.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK KONSEP BELAJAR DALAM PEMANFAATAN POTENSI EDUKASI (TELAAH AL-QUR’AN SURAT AN-NAHL AYAT 78) Oleh: MUHAMMAD HAFIZ 1511010309 Ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang tak lepas dari manusia yang selalu berfikir dan belajar mengembangkan inovasi dan kreasi dari zaman ke zaman, dalam proses belajar dan berfikir manusia mempunyai alat atau potensi yang menunjang terciptanya inovasi dan kreasi, yang kesemua itu diberikan oleh Allah Swt kepada kita manusia saat proses penciptaan, potensi itu berupa penglihatan, pendengaran, dan hati atau bisa disebut akal yang menunjang proses belajar dan mengajar. Yang sejatinya potensi-potensi tersebut serta proses belajar dan mengajar adalah sarana ibadah kita kepada Allah Swt, sebagai parameter menentukan perintah dan laranganNya, agar kelak mendapat Ridho Allah Swt. Penelitian ini termasuk penelitian kepustakaan (library research), yakni berusaha untuk menguak secara konseptual tentang berbagai hal yang berkaitan dengan konsep belajar dalam pemanfaatan potensi edukasi telaah Al-Qur’an surat An-Nahl ayat 78. Sumber data dalam penelitian ini yaitu data-data yang diperoleh dari penafsiran ahli tafsir dan sumber data yang dijadikan sebagai alat bantu dalam menganalisis masalah yang muncul, yaitu buku-buku yang ada relevansinya dengan pembahasan. Adapun metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif, metode ini dimaksudkan bahwa analisis bertolak dari data-data dan bermuara pada kesimpulan kesimpulan umum. Tekhnik analisis datanya menggunakan tekhnik analisis isi (content analysis) yaitu, penelitian yang dilakukan terhadap informasi yang didokumentasikan dalam rekaman, baik dalam gambar, suara, maupun tulisan, juga menggunakan metode Maudhui Tahlili yaitu menjelaskan ayat-ayat Al-Qur’an dengan aspeknya dan menyingkap seluruh maksudnya. Hasil penelitian menunjukan bahwa konsep belajar dalam surat An-Nahl ayat 78 memenuhi konsep dasar pendidikan Islam, yaitu tauhid dan pendidikan akhlak. Konsep belajar dalam surat An-Nahl ayat 78 adalah upaya sadar dan terencana untuk menjadikan peserta didik secara aktif mengembangkan potensi pendengaran, penglihatan, dan hatinya untuk memperoleh pengetahuan agar menjadi manusia yang pandai bersyukur. Pendekatan pembelajaran yang tepat digunakan adalah student centered learning yang biasa disingkat dengan SCL. Metode pembelajaran yang dapat digunakan oleh guru seperti metode ceramah, metode insiden, metode seminar, metode simposium, metode deduktif, dan metode induktif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 01 Sep 2020 03:48
Last Modified: 01 Sep 2020 03:48
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/11645

Actions (login required)

View Item View Item