PENERAPAN KODE ETIK JURNALISTIK DALAM MENINGKATKAN KINERJA WARTAWAN BERITA ONLINE JEJAMO.COM (Studi Undang-Undang No. 40 Tahun 1999 Tentang Pers dan Kode Etik Jurnalistik Pasal 6)

AD. PRATIWI S., PRA (2020) PENERAPAN KODE ETIK JURNALISTIK DALAM MENINGKATKAN KINERJA WARTAWAN BERITA ONLINE JEJAMO.COM (Studi Undang-Undang No. 40 Tahun 1999 Tentang Pers dan Kode Etik Jurnalistik Pasal 6). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of perpus full.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Kode Etik Jurnalistik merupakan pedoman atau patokan bagi para wartawan atau jurnalis dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab. Dan saat ini masih ada pemberitaan yang memunculkan pernyataan bahwa adanya seorang wartawan dengan menerima suap. Tetapi hal ini dapat diatasi dengan memahami Kode Etik Jurnalistik pasal 6. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui tingkat pemahaman wartawan berita online Jejamo.com terhadap Kode Etik Jurnalistik Pasal 6 tentang penyalahgunaan profesi dan menerima suap (2) mengetahui penerapan Kode Etik Jurnalistik Pasal 6 dalam meningkatkan kinerja wartawan berita online Jejamo.com. Penelitian ini mengkaji tentang penerapan Kode Etik Jurnalistik dalam meningkatkan kinerja wartawan berita online Jejamo.com dengan menggunaka penelitian kualitatif deskriptif sebagai pendekatan penelitian. Penelitian ini dianalisis dengan cara induktif dari hasil wawancara, observasi, dokumentasi, dengan mengambil lima orang subjek penelitian yang berstatus sebagai wartawan dan pimpinan redaksi berita online Jejamo.com. Dan proses pengumpulan data berlangsung kurang lebih selama enam bulan. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu menunjukan bahwa wartawan berita online Jejamo.com sepenuhnya memahami Kode Etik Jurnalistik pasal 6 tentang penyalahgunaan profesi dan menerima suap, dalam penerapan Kode Etik Jurnalistik yang menjadi acuan dalam menjalankan setiap tugas sebagai wartawan dan apabila terdapat pihak yang memberikan amplop maka wartawan menolak dengan cara yang halus. Jejamo.com juga membuat program penelitian internal kepada seluruh wartawan sebagai evaluasi dari kinerja, dan dalam pelatihan ini dijelaskan kembali mengenai Kode Etik Jurnalistik walaupun pada dasarnya mereka sudah mengetahui, tetapi hal tersebut dilakkan untuk kemajuan wartawan mereka. Implikasi penelitian bagi wartawan dan pihak Jejamo.com yaitu wartawan diharapka tetap memegang teguh rasa profesionalisme dan rasa moralitas sebagai seseorang yang memiliki profesi yang penuh dengan etika. Jejamo.com diharapkan tetap memantau para wartawan agar tidak berhenti untuk tetap mengingatkan kepada para wartawan tentang betapa pentingnya Kode Etik bagi seorang wartawan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 01 Sep 2020 03:05
Last Modified: 01 Sep 2020 03:05
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/11642

Actions (login required)

View Item View Item