EFEKTIVITAS TEKNIK LATIHAN ASERTIF GUNA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL DAN PERCAYA DIRI PESERTA DIDIK DI SMA N 1 PASIR SAKTI KABUPATEN LAMPUNG TIMUR TAHUN AJARAN 2019/2020

RITA BUDIARTI, BUD (2020) EFEKTIVITAS TEKNIK LATIHAN ASERTIF GUNA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL DAN PERCAYA DIRI PESERTA DIDIK DI SMA N 1 PASIR SAKTI KABUPATEN LAMPUNG TIMUR TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI 2.pdf]
Preview
PDF
Download (3MB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI RITA BUDIARTI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Percaya diri merupakan kondisi mental atau psikologis dari seseoarang yang memberi keyakinan kuat pada dirinya untuk berbuat atau melakukan sesuatu tindakan. Komunikasi interpersonal adalah suatu proses penyampaian pesan antara dua orang atau lebih yang dilakukan langsung secara tatap muka, sehingga pesan yang disampaikan dapat diterima dan ditanggapi secara langsung.Latihan asertif merupakan teknik yang sering kali digunakan oleh pengikut aliran behavioral. Teknik ini sangat efektif jika dipakai untuk mengatasi masalah- masalah yang berhubungan dengn percaya diri, mengungkapkan diri, dan ketegasan diri. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dalam bentuk quasi experimental design dengan desain yang digunakan dalam penelitian ini yaitu non equivalent control group design. Dalam penelitian ini berfokus pada efektivitas teknik latihan asertif untuk meningkatkan kemampuan komunikasi interpersonal dan percaya diri peserta didik dengan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket dan analisis data dengan menggunakan uji t test. Adapun hasil dapat diketahui bahwa nilai siginifikansi 0,000 dengan hasil sebesar 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima sehingga terdapat pebedaan rata-rata percaya diri dan komunikasi interpersonal pada peserta didik saat diberikan perlakuan bimbingan kelompok dengan teknik latihan asertif atau dengan kata lain layanan bimbingan kelompok dengan teknik latihan asertif efektif untuk meningkatkan kepercayaan diri dan kemampuan komunikasi interpersonal peserta didik di SMA N 1 Pasir Sakti Lampung Timur.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 01 Sep 2020 02:35
Last Modified: 01 Sep 2020 02:35
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/11641

Actions (login required)

View Item View Item