EFEKTIVITAS LAYANAN INFORMASI DENGAN TEKNIK DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN TENTANG COPING STRESS PADA PESERTA DIDIK KELAS X DI SMA AL-KAUTSAR BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2019/2020

ANGGY TIAZ SAPUTRI, SAP (2020) EFEKTIVITAS LAYANAN INFORMASI DENGAN TEKNIK DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN TENTANG COPING STRESS PADA PESERTA DIDIK KELAS X DI SMA AL-KAUTSAR BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI 2.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI ANGGY TIAZ SAPUTRI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK EFEKTIFITAS LAYANAN INFORMASI DENGAN TEKNIK DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN TENTANG COPING STRESS PADA PESERTA DIDIK KELAS X SAMA AL-KAUTSAR BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2019/2020 Coping stress merupakan proses individu melakukan segala sesuatu yang ditunjukan untuk menanggulangi stress dan mengurangi atau menghilangkan dampak negatif dari stres. Layanan informasi merupakan suatu media yang memilki ruang lingkup layanan untuk pemahaman dan pencegahan kepada peserta didik serta dapat menentukan arah suatu tujuan, sehingga menjadi jelas dan tidak salah dalam mengambil keputusan. Teknik diskusi adalah cara penyajian pembelajaran, diamana peserta didik dihadapkan kepada suatu masalah, yang biasa berupa pernyataan atau pertanyaan yang bersifat problematis untuk dibahas dan dipecahkan bersama. Pemahaman coping stress yang rendah terdapat pada peserta didik kelas X SMA Al-Kautsar Bandar Lampung, terdapat 20 peserta didik yang memiliki pemahaman coping stress yang rendah. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dalam bentuk quasi experimental design dengan desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah non equivalent control group design. Pada kedua kelompok tersebut sama-sama dilakukan pre-test dan post-test. Analisis data pada penelitian ini menggunakan Uji t-test. Adapun hasil dapat diketahui bahwa nilai signifikansi 0,000 dengan hasil sebesar 0,000 < 0.05 maka H0 ditolak dan Ha diterima sehingga terdapat perbedaan rata- rata pemahaman coping stress pada peserta didik saat diberikan perlakuan layanan informasi dengan teknik diskusi atau dengan kata lain layanan informasi dengan tekni diskusi efektif untuk meningkatkan pemahaman coping stress peserta didik di SMA Al-Kautsar Bandar Lampung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 01 Sep 2020 02:14
Last Modified: 01 Sep 2020 02:14
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/11639

Actions (login required)

View Item View Item