IMPLEMENTASI MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 6 BANDAR LAMPUNG

DIVYA DANDIAN AGATHA, AGA (2020) IMPLEMENTASI MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 6 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of bab 1,2 dan dapus.pdf]
Preview
PDF
Download (981kB) | Preview
[thumbnail of skripsi dyvia dandian agatha.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Pengelolaan mutu pendidikan dapat dilihat dari pengelolaan manajemen pendidikan dan peningkatan mutu sekolah/madrasah melalui sistem penjaminan mutu pendidikan, karena manajemen pendidikan yang berkualitas akan memungkinkan tercapainya pendidikan secara efektif dan efisien. Upaya agar manajemen pendidikan meningkat dan berjalan maksimal bukan hanya dilakukan oleh satu pihak melainkan semua pihak yang terkait dalam pengelolaan pendidikan. Karena banyak faktor yang harus dipertimbangkan dalam hal ini membutuhkan komitmen bersama baik pemerintah, masyarakat, guru dan parastakeholder pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif (kualitatif research). Sumber data yang digunakan, yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui metode 1) wawancara(interniew)semiterstruktur, 2) observasi (observation) dan 3) dokumentasi. Pengecekan keabsahan data penelitian menggunakan teknik triangulasi. Triangulasi yang digunakan peneliti yaitu triangulasi sumber. Teknik analisa data menggunakann model Miles dan Huberman yang terangkum dalam pengumpulan data (data collection), reduksi data ( data reduction), penyajian data (data display), kesimpulan dan verivikasi data (conclusion drawing dan verifying). Hasil penelitian ini adalah: 1) perencanaan mutu pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 6 Bandar Lampung mengacu pada 8 standar Nasional Pendidikan yang telah ditetapkan oleh Pemerintah sesuai dengan undang-undang. 2)pelaksanaan mutu madrasah di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 6 Bandar Lampung diadakan oleh kemenag dari tingkat Kota, Provinsi sampai pusat sesuai dengan Standar Operating Prosedur yang telah ditetapkan sebelumnya. 3) evaluasi mutu madrasah di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 6 Bandar Lampung diadakan oleh pihak Madrasah, pelaksanaan evaluasi secara rutin; yakni a) pemeriksaan pemantauan harian yang dilakukan oleh pimpinan Madrasah, b) pemantauan masukan dari wali murid melalui komite, c) pemeriksaan pemantauan melalui monitoring mingguan oleh pengawasa Madrasah,d) evaluasi bulanan olehKamad dan Ka. TU, serta monitoring Penmad Kota, e) penilaian tahunan melalui PKG. 4) hasil atau tindak lanjut mutu madrasah di Madrasah Ibtidaiyah Negeri6 Bandar Lampung yakni tindak lanjut dari segala kekurangan evaluasi akan diadakan perbaikan secara maksimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 31 Aug 2020 04:20
Last Modified: 31 Aug 2020 04:20
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/11638

Actions (login required)

View Item View Item