KONTRIBUSI PENGURUS MA’HAD DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI KARAKTER MELALUI PEMBINAAN ANTI RADIKALISME KEAGAMAAN PADA MAHASANTRI MA’HAD AL-JAMIAH UIN RADEN INTAN LAMPUNG

RIA ARISKA, ARI (2020) KONTRIBUSI PENGURUS MA’HAD DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI KARAKTER MELALUI PEMBINAAN ANTI RADIKALISME KEAGAMAAN PADA MAHASANTRI MA’HAD AL-JAMIAH UIN RADEN INTAN LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI 2.pdf]
Preview
PDF
Download (4MB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI RIA ARISKA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui alasan dewan asatidz dan pengurus ma’had al-Jami’ah berkontribusi dalam penanaman nilai anti radikalisme pada mahasantri, 2) Untuk mengetahui berbagai jenis kontribusi yang diberikan dewan asatidz dan pengurus ma’had al- Jami’ah dalam menanamankan nilai-nilai karakter pada mahasantri terhadap paham anti radikalisme. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian yang dilaksanakan di lingkungan ma’had al-Jami’ah UIN Raden Intan Lampung tahun akademik 2019/2020. Subyek penelitian ini adalah bentuk kontribusi dewan asatidz dan pengurus ma’had al- jami’ah terhadap nilai anti radikalisme. Informan dalam penelitian ini adalah dewan asatidz, mudir, pengurus ma’had dan maahasantri ma’had al-Jami’ah. Tekhnik pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara daan dokumentasi. Tekhnik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian yang bisa ditunjukkan berupa: 1) Pengurus ma’had al-Jami’ah dan dewan asatidz ma’had perlu berkontribusi dalam penanaman pemahaman nilai-nilai anti radikalisme kepada mahasantri sangat perlu, mengingat semakin maraknya paham radikal yang beredar yang kini sudah tidak asing lagi keberadaannya di tanah air Indonesia. Banyak berita-berita online maupun cetak yang mengabarkan bahwa pelajar terkhusus mahasiswa adalah incaran utama mereka yang berpaham radikal, 2) Bentuk kontribusi yang diberikan pengurus ma’had dan dewan asatidz ma’had melalui pemberian langsung materi yang berkaitan dengan radikalisme tersebut yang diselipkan ketika tutorial malam mata pelajaran tauhid, agenda dan kegiatan ma’had yang harian, mingguan, bulanan bahkan sampai semesteran banyak penyelipan nilai dalam pemahaman anti radikalisme seperti PHBI peringatan maulid nabi Muhammad saw, peringatan hari santri Nasional, kegiatan mingguan sholawat Kubra, Istighasah akbar, al-Barjanzi dan khataman, kajian mingguan masa’il Islamiah pada minggu malam senin, kegiatan mingguan ekstrakulikuler yang disediakan oleh pengurus devisi minat bakat, dan lainsebagainya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 31 Aug 2020 03:54
Last Modified: 31 Aug 2020 03:54
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/11637

Actions (login required)

View Item View Item