IMPLEMENTASI MANAJEMEN STRATEGI DI MTs MUHAMMADIYAH SUKARAME BANDAR LAMPUNG

BUNGA ANDRIANA, AND (2020) IMPLEMENTASI MANAJEMEN STRATEGI DI MTs MUHAMMADIYAH SUKARAME BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI BUNGA ANDRIANA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI 2.pdf]
Preview
PDF
Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Manajemen strategi merupakan suatu rangkaian sebuah keputusan manajer serta kegiatan yang menentukan suatu keberhasilan pendidikan dalam waktu jangka panjang. Manajemen strategi pada formulasi strategis sangat perlu diimplementasikan didalam sebuah lembaga pendidikan untuk memperkuat sistem dalam lembaga dan luar lembaga dikarenakan manajemen strategi berhubungan pada pengelolaan mengenai keputusan strategis, yaitu sebagai keputusan manajerial yang dapat mempengaruhi tercapainya tujuan suatu lembaga tersebut pada jangka panjang di masa mendatang. MTs Muhammadiyah Sukarame merupakan salah satu madrasah swasta di Bandar Lampung yang masih harus meningkatkan kelengkapan sarana prasarana dan implementasi sebuah formulasi strategi dalam menunjang kegiatan belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses dalam formulasi strategi pada peningkatan prestasi akademis siswa di MTs Muhammadiyah Sukarame sehingga menjadikan acuan serta semangat baru dalam menerapkan visi dan misi madrasah. penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Penulis melakukan wawancara dengan waka kurikulum, dan peserta didik untuk mendapatkan informasi lengkap dan akurat kemudian dianalisis untuk ditarik sebuah kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah penulis lakukan, bahwa tahap formulasi pada implementasi manajemen strategi dalam di MTs Muhammadiyah Sukarame sudah terlaksana. Pada proses perumusan visi dan misi madrasah dilakukan melalui musyawarah bersama seluruh stakeholder madrasah dan yayasan. Pada analisis pilihan strategi, menjalankan program tahfizh qur‟an minimal 1 tahu 1 jus dan program berbahasa Arab dan Inggris sebagai bentuk pembiasaan untuk membina skill siswa, sarana prasarana yang minim, Sasaran madrasah terdiri dari berbagai aspek yaitu aspek peningkatan manajemen madrasah, aspek sarana prasarana, aspek peningkatan kompetensi guru, aspek pengembangan kurikulum dan aspek pembinaan siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 31 Aug 2020 03:08
Last Modified: 31 Aug 2020 03:08
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/11634

Actions (login required)

View Item View Item