PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM PENGELOLAAN KEBERSIHAN LINGKUNGAN MELALUI PROGRAM BANK SAMPAH DI KELURAHAN GUNUNG TERANG KECAMATAN LANGKAPURA KOTA BANDAR LAMPUNG

Yogia Aliyekti, ali (2020) PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM PENGELOLAAN KEBERSIHAN LINGKUNGAN MELALUI PROGRAM BANK SAMPAH DI KELURAHAN GUNUNG TERANG KECAMATAN LANGKAPURA KOTA BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI_FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (21MB)
[thumbnail of SKRIPSI_PERPUS.pdf]
Preview
PDF
Download (20MB) | Preview

Abstract

Sampah merupakan salah satu masalah sosial yang dihadapi setiap orang, penimbunan sampah dapat menimbulkan gangguan lingkungan, seperti bau busuk, adanya senyawa beracun atau senyawa yang bisa merusak kesehatan. Kurangnya kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan menimbulkan penumpukan sampah dan bertebaran di lingkungan sekitar, selain itu kurangnya sosialisasi terkait penanganan sampah membuat masyarakat perkotaan tidak faham bahwa sampah dapat bernilai ekonomis. Keadaan seperti ini terjadi pada masyarakat di komplek Perumahan Griya Sejahtera Kelurahan Gunung Terang dimana mayoritas penduduknya adalah masyarakat perumahan yang menggap bahwa kebersihan lingkungan adalah tanggung jawab dinas kebersihan lingkungan sehingga banyak masyarakat yang membuang sampah sembarangan. Dari fenomena tersebut ibu Marselina dan Ibu Emi menggagaskan sebuah ide pembentukan Bank Sampah untuk menanggulangi permasalahan yang ada. Penulis mengadakan penelitian mengenai pemberdayaan masyarakat dalam pengelolaan kebersihan lingkungan melalui program Bank Sampah di Kelurah Gunung Terang Kecamatan Langkapura Kota Bandar Lampung, dengan rumusan masalah: Bagaimana pemberdayaan masyarakat dalam pengelolaan kebersihan lingkungan melalui program bank sampah di Kelurahan Gunung Terang Kecamatan Langkapura Kota Bandar Lampung?. Adapun tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui pemberdayaan masyarakat dalam pengelolaan kebersihan lingkungan melalui program bank sampah di Kelurahan Gunung Terang Kecamatan Langkapura Kota Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling, sehingga diperoleh 11 orang. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Setelah data terkumpul dianalisis dengan metode induktif. Berdasarkan penelitian yang penulis lakukan, didapat temuan sebagai berikut : Untuk menangulangi sampah atau mengelola sampah, dilakukan dengan pembentukan Bank Sampah. Adapun tahapan yang dilalui antara lain, ii penyuluhan, pelatihan pengembangan keterampilan seperti pelatihan pengelolaan sampah, pelatihan takakura dan pelatihan kerajinan tangan dari plastic, dinamika kegiatan nasabah dan masyarakat. Dalam pemberdayaan masyarakat melalui pengelolaan sampah tersebut dapat dikatakan berhasil. Hasil dari pemberdayaan ini dilihat dari segi ekonomi yaitu dapat meningkatkan perekonomian rumah tangga dengan menabung sampah, serta dapat menjual hasil kreatifitas masyarakat. Jika dilihat dari segi pendidikan yaitu meningkatnya kapasitas sumberdaya masyarakat dalam mengelola sampah. Serta apabila dilihat dari segi sosial yaitu terciptanya kerjasama dan gotongroyong masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Najib Ali
Date Deposited: 27 Aug 2020 02:56
Last Modified: 27 Aug 2020 02:56
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/11622

Actions (login required)

View Item View Item