PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN FIQIH MELALUI METODE TIPE KOOPERATIF SNOWBALL THROWING DI MI MAMBAUL ULUM RAWAJITU SELATAN KABUPATEN TULANG BAWANG

Yun Astuti, Ast (2020) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN FIQIH MELALUI METODE TIPE KOOPERATIF SNOWBALL THROWING DI MI MAMBAUL ULUM RAWAJITU SELATAN KABUPATEN TULANG BAWANG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (3MB) | Preview
[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Pendidikan adalah hidup. Pendidikan adalah segala pengalaman belajar yang berlangsung dalam segala lingkungan dan sepanjang hidup. Pendidikan adalah segala situasi hidup yang mempengaruhi pertumbuhan individu sebagai pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan Teknik SnowballThrowing dalam peningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran Fiqih materi Sholat Idain Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV MI Mambaul Ulum di Rawajitu selatan Kabupaten Tulang Bawang. pada semester 1 tahun ajaran 2019/2020 dengan jumlah peserta didik 20 orang. Prosedur penelitian terdiri dari 4 tahap pada setiap siklusnya, Yakni perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi danrefleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui tes, pengamatan, dan dokumentasi.Sedangkan hasil analisis data dihitung secara kuantitatif dengan menggunakan rumus prosentase yangdisebut percenteges correction. Indikator hasil belajar pada penelitian ini berupa tercapainya ketuntasan belajar individu dan klasikal. Adapun pengumpulan datanya dilakukan dengan metode : wawancara, observasi, dokumentasi dan tes evaluasi, dan LKS (lembar kerja siswa). Data hasil pengamatan tes evaluasi diolah dengan anlisis deskriptif untuk menggambarkan keadaan peningkatan pencapaian keberhasilan tiap siklus dan untuk menggambarkan keberhasilan pembelajaran dengan menggunakan motode pembelajaran snowball throwing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: hasil belajar Fiqih siswa melalui metode pembelajaran snowball throwing mengalami peningkatkan hasil belajar, khususnya pada materi Sholat Idain pada pra siklus, nilai rata-rata kelas 62,5 terdapat 5 anak yang tuntas (25%), dan 15 anak belum tuntas yaitu (75%), (b) siklus I, nilai rata-rata kelas (69,8) terdapat 8 siswa yang tuntas (40%) dan 12 siswa belum tuntas yaitu mencapai (60%). (c) siklus II, nilai rata-rata kelas 78,2, terdapat 17 siswa yang tuntas (85%) dan 3 siswa yang belum mencapai ketuntasan yaitu (15%) sehingga tidak perlu melakukan siklus III.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 26 Aug 2020 03:56
Last Modified: 26 Aug 2020 03:56
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/11616

Actions (login required)

View Item View Item