IMPLMENTASI PRINSIP-PRINSIP TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) DI MIN 3 PRINGSEWU KECAMATAN PAGELARAN KABUPATEN PRINGSEWU

Iffah Latifah Hilyah, Hil (2020) IMPLMENTASI PRINSIP-PRINSIP TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) DI MIN 3 PRINGSEWU KECAMATAN PAGELARAN KABUPATEN PRINGSEWU. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of BAB 1,2 DAN DAPUS.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI FULL IFFAH LATIFAH HILYAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah 1) Tingginya minat masyarakat bahakan dari luar kabupaten Pringsewu untuk memasukkan anaknya di MIN 3 Pringsewu. 2) adanya program-program unggulan yang mendukung proses pembelajaran di MIN 3 Pringsewu. Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui implementasi prinsip-prinsip total quality management di MIN 3 Pringsewu dalam fokus pada pelanggan, keterlibatan tolal, pengukuran, komitemen dan perbaikan total. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dimana pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang diproleh di analisis dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, verifikasi data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan uji keabsahan data di lakukan dengan triangulasi. Triangulasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Implementasi prinsip total quality management dalam fokus pada pelanggan sudah berjalan dengan baik, karena madrasah mendengarkan harapan dan keinginan pelanggan internal maupun eskternal dalam rapat. 2) Implementasi prinsip total quality management dalam keterlibatan total madrasah sudah berjalan dengan baik, madrasah memiliki struktur organisasi dengan tupoksi yang melekat, madrasah juga melibatkan semua warganya dan orang tua peserta didik untuk penyelesaian masalah dalam rapat. 3) Implementasi prinsip total quality management dalam pengukuran madrasah sudah berjalan dengan baik dengan mengadakan rapat evaluasi dan supervisi secara rutin. 4) Implementasi prinsip total quality management dalam komitmen sudah berjalan dengan baik dengan adanya program-program unggulan dan madrasah selalu berusaha untuk meningkatkan saran dan prasaranya, adapun dalam saran prasarana harus lebih diimbangi dengan jumlah peserta didik yang ada. 5) Implementasi prinsip total quality management dalam perbaikan berkelanjutan sudah berjalan dengan baik dengan selalu diadakan KKG, pelatihan-pelatihan, dan mengikut workshop untuk selalu mengikuti perkembangan dunia pendidikan. Kesimpulan: Implementasi total quality management di MIN 3 Pringsewu sudah berjalan dengan baik, walapun dalam pelaksanaanya masih ada sedikit hambatan dan kendala. Dalam fokus pada pelanggan bisa menggunakan angket atau kuisioner untuk mengetahui kepuasan pelanggan, serta arana dan prasarana yang ada di MIN 3 Pringsewu sebaiknya lebih diimbangi dengan jumlah peserta didiknya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 26 Aug 2020 03:25
Last Modified: 26 Aug 2020 03:25
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/11613

Actions (login required)

View Item View Item