PENERAPAN PENDIDIKAN ENTREPRENEUR DALAM MENUMBUHKAN KEMANDIRIAN DI PONDOK PESANTREN NURUL QODIRI LEMPUYANG BANDAR LAMPUNG TENGAH

JUSTICA, MAYA (2020) PENERAPAN PENDIDIKAN ENTREPRENEUR DALAM MENUMBUHKAN KEMANDIRIAN DI PONDOK PESANTREN NURUL QODIRI LEMPUYANG BANDAR LAMPUNG TENGAH. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI 2.pdf]
Preview
PDF
Download (3MB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI MAYA JUSTICA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Mengamati fenomena empirik yang ada pada saat ini. Maka, penelitian ini dilatar belakangi oleh ketertarikan peneliti terhadap penerapan pendidikan entrepreneur di pondok pesantren. Pendidikan entrepreneur di pondok pesantren dinilai sebagai bagian penting dari proses pembangunan Nasional yang turut menentukan kemajuan suatu bangsa. Ditengah persaingan ekonomi lembaga pendidikan seperti, Pondok Pesantren perlu menerapkan pendidikan entrepreneur agar lulusannya mandiri dan memiliki wawasan tentang kewirausahaan serta mampu bersaing dan berdakwah melalui entrepreneur ditengah masyarakat. Selanjutnya peneliti merumuskan bagaimanakah proses penerapannya, apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam penerapannya dan apa implikasi dari penerapan pendidikan entrepreneur dalam menumbuhkan kemandirian di Pondok Pesantren Nurul Qodiri Lempuyang Bandar, Lampung Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriftif dengan mengambil latar belakang Pondok Pesantren Nurul Qodiri Lempuyang Bandar, Lampung Tengah. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi sebagai bahan primer, dan teknik analisis data dengan cara mereduksi data, display data, dan menarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada penerapannya pendidikan entrepreneur ini dilakukan sekali dalam sepekan yaitu, ketika hari libur pondok, disisi lain perternakan ayam dan sapi selalu diadakan pengontrolan dan pengawasan secara berkala sesuai jadwal pakan. Metode yang digunakan pada penerapan pendidikan entrepreneur ini mengacu pada tutorial dan praktek langsung. Disi lain pelaksanaannya tidak terlepas dari foktor penunjang seperti, (1) Manajemen pengelolaan dan sistem disisplin pondok, (2) Letak geografis, (3) Luas area pondok/tersedianya lahan, (4) Kerjasama yang baik antara pondok dengan masyarakat dan stakholder (5) Ketersediaan sarana prasarana seperti, kolam ikan, perternakan sapi, perternakan ayam, gedung koppotren, gedung konveksi baju, kantin, dan (6) Pendanaan atau keuangan. Sedangkan faktor penghabatya seperti, (1) Terbatasnya jangkauan pemasaran secara luas, (2) Kurangnya pelatihan-pelatihan kewirausahaan, (3) Kurangnya pengetahuan santri terkait teknologik, dan operasional kewirausahaan, (4) Kurangnya motivasi para santri terkait manfaat dan urgensinya berwirausaha, (5) Terbatasnya waktu. Adapun dampak positif yang diterima para santri seperti, (1) menumbuhkan berkepribadian yang mandiri dan tanggungjawab, (2) Menumbuhkan motivasi dan minat berwirausaha, (3) mendapatkan pelajaran dan pengalaman, dan (4) Merubah presfektif masyarakat tentang santri, bahwa santri hanya dapat mengaji. Hal ini, menunjukkan bahwa penerapan pendidikan entrepreneur dalam menumbuhkan kemandirian di pondok pesantren Nurul Qodiri memiliki dampak positif bagi para santri di pondok tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Aug 2020 02:17
Last Modified: 25 Aug 2020 02:17
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/11604

Actions (login required)

View Item View Item