PENGARUH GREEN ACCOUNTING TERHADAP CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DISCLOSURE PADA BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA DENGAN KINERJA KEUANGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (PERIODE 2015 – 2018)

REZHA NIA ADE PUTRI EDY, REZ (2020) PENGARUH GREEN ACCOUNTING TERHADAP CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DISCLOSURE PADA BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA DENGAN KINERJA KEUANGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (PERIODE 2015 – 2018). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (4MB) | Preview
[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Green accounting atau sustainbility reporting merupakan suatu konsep pelaporan keuangan pada perbankan yang memberikan informasi meliputi aspek ekonomi, sosial dan lingkungan dengan memperhatikan aspek keberlanjutan bisnis dan usaha bank, sehingga bank tersebut menjadi bank yang ramah lingkungan serta memperoleh legitimasi sosial dari para stakeholder yang merupakan sebuah pengungkapan tanggung jawab sosial dan lingkungan oleh perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh green accounting terhadap CSRDi dan Kinerja Keuangan, pengaruh kinerja keuangan terhadap CSRDi, green accounting terhadap CSRDi dengan kinerja keuangan sebagai variabel intervening, dan bagaimana konsep green accounting terhadap CSRDi dan kinerja keuangan pada Bank Umum Syariah dalam perspektif Islam. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda dan analisis jalur. Populasi dan Sampel dalam penelitian ini seluruh Bank Umum Syariah periode tahun 2015- 2018 yang memenuhi kriteria. Variabel dependennya (X) yaitu green accounting dengan metode dummy, variabel independennya (Y) yaitu CSR disclosure dengan indikator pengungkapan CSR versi G.R.I 3.0, dan variabel intervening (Z) yaitu kinerja keuangan yang dihitung menggunakan rasio ROA. Hasil penelitian ini adalah green accounting berpengaruh positif dan signifikan terhadap CSRDi dan kinerja keuangan, kinerja keuangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap CSRDi, kinerja keuangan bukan merupakan variabel intervening pada green accounting terhadap CSRDi, green accounting terhadap CSRDi pada Bank Umum Syariah sudah sesuai dengan perspektif Islam baik dalam pelaksanaan maupun penilaiannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Aug 2020 03:28
Last Modified: 19 Aug 2020 03:28
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/11580

Actions (login required)

View Item View Item