Manajemen Kinerja Guru Madrasah Aliyah se Kabupaten Pringsewu

Ahdhar Al Mursyid, mur (2020) Manajemen Kinerja Guru Madrasah Aliyah se Kabupaten Pringsewu. PhD thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of ABSTRAK Revisi 2.pdf]
Preview
PDF
Download (294kB) | Preview

Abstract

Manajemen kinerja guru merupakan aktivitas yang harus dilakukan dimulai dari guru itu masuk ke dalam oraganisasi sampai melalui proses perencanaan Sumber Daya Manusia, pembinaan kinerja, dan penilaian kinerja.Manajemen kinerja guru merupakan faktor yang akan menentukan kinerja guru, yang pada gilirannya akan berdampak pada kinerja satuan pendidikan madrasah atau sekolah, ketepatan memanfaatkan dan mengembangkan kinerja guru akan menjadi hal penting dalam peningkatan kapabilitas sekolah dalam mencapai tujuannya. Mengingat besarnya manfaat manajemen kinerja guru tersebut, maka kajian terhadap implementasi manajemen kinerja guru harus terus dilakukan. Penelitian ini dilakukan di tiga Madrsasah Aliyah dikabupaten Pringsewu yaitu : MAN 1 Pringsewu, MA Nurul Huda Pringsewu, MA Ma’arif Keputran Sukoharjo Pringsewu. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah manajemen kinerja guru di ketiga madrasah tersebut utamanya bagaimana proses perencanaan Sumber DayaManusia, pembinaan kinerja dan penilaian kinerja yang dilakukan. Data dikumpulkan denganteknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh dari ketiga Madrasah Aliyah tersebut menunjukan bahwa secara umum proses manajemen kinerja yang dilakukan sama yakni melalui proses perencanaan SDM, pembinaan kinerja dan penilaian kinerja. Akan tetapi secara teknis pelaksanaan ada perbedaan terhadap ketiga proses tersebut disebabkan oleh beberapa faktor seperti status madrasah dan tingkat perkembangan madrasah. Dilihat dari sisi perencanaan SDM guru terutama proses rekrutmen, khusus untuk MAN 1 Pringsewu memiliki dua jalur rekrutmen yakni rekrutmen CPNS oleh pemerintah dan retrutmen internal oleh pihak sekolah untuk guru Non PNS atau guru tidak tetap (GTT). Sedangkan mekanisme rekrutmen guru di MA Nurul Huda dan MA Ma’arif cenderung sama yakni rekrutmen tertutup dimana pengumuman dan penyebaran informasi dilakukan secara tertutup dikalangan sesama guru dan pegawai madrasah tanpa memasang selebaran maupun informasi dimedia cetak. Dalam konteks pembinaan kinerja yang dilakukan oleh ketiga madrasah sama yakni dilakukan supervisi akademik, guru diikutkan pelatihan dan guru diberi kesempatan mengembangkan karir. Begitu juga dengan penilaian kinerja guru yang dilakukan oleh ketiga madrasah yakni dengan menggunakaan instrumen PKG dan dilakukan sebagaimana perhitungan dalam juklak dan juknis yang berlaku. Namun demikian secara umum kegiatan proses manajemen kinerja belum terlaksana secara sistematis, variatif dan simultan sehingga kedepan diharapkan dapat diperbaiki. Selain itu penelitian tentang manajamen kinerja harus terus dilakukan sebagai upaya membangun kesadaran lembaga terhadap pentingnya manajemen kinerja.

Item Type: Thesis (PhD)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Pasca Magister > S3 Program Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Najib Ali
Date Deposited: 18 Aug 2020 04:21
Last Modified: 18 Aug 2020 04:21
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/11562

Actions (login required)

View Item View Item