EFEKTIVITAS TAKTIK BIOSMART DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 1 ABUNG SELATAN LAMPUNG UTARA

TUTI YULIANA, YUL (2020) EFEKTIVITAS TAKTIK BIOSMART DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 1 ABUNG SELATAN LAMPUNG UTARA. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI  1.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI  2.pdf]
Preview
PDF
Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Taktik Biosmart merupakan salah satu strategi yang dapat menjadikan anak yang cerdik dan kreatif, yang dapat menyikapi dalam menghadapi segala tantangan kehidupan dengan sukses. Taktik biosmart ini, dapat menggunakan berbagai metode seperti metode ceramah, demonstrasi, diskusi, simulasi, dan penugasan, supaya setiap peserta didik mudah untuk mengerti dan paham, serta mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari sesuai dengan gaya berpikir, potensi mutiple intelligensi (multi kecerdasan) dan mengasah kreatifitas dalam diri peserta didik tersebut. Dalam penelitian ini hanya membahas Efektivitas Taktik Biosmart Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII A di SMPN 1 Abung Selatan. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui Efektivitas Strategi Biosmart Dalam Pembelajaran Pedidikan Agama Islam Kelas VIII A di SMPN 1 Abung Selatan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pendekatan deskriptif kualitatif dengan menggunakan alat pengumpul data dalam melakukan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan membuktikan makna terhadap data yang telah dikumpulkan dan dari makna tersebut ditarik kesimpulan. Pemeriksaan uji keabsahan data dilakukan dengan menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari efektifitas taktik biosmart dan penggunaan taktik biosmart tersebut yaitu motivasi belajar peserta didik, tujuan pembelajaran peserta didik, ketepatan pembelajaran, kegiatan selama menggunakan taktik, strategi, sampai kegiatan tindak lanjut maka jika dapat diukur dengan keenam aspek tersebut dalam penerapan taktik biosmart dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas VIII A dapat diartikan sudah berjalan dengan efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan terbukti banyaknya peserta didik yang aktif dalam kegiatan pembelajaran dan hasil belajar yang diatas KKM. Hasil belajar peserta didik yang diatas KKM mencapai 27 peserta didik atau 84, 38 % dan dibawah KKM 5 peserta didik atau 15, 63 % dari 32 peserta didik pada pelajaran PAI materi sifat-sifat rasul.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 18 Aug 2020 03:53
Last Modified: 18 Aug 2020 03:53
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/11561

Actions (login required)

View Item View Item