PENGARUH PERANG DIKSI TERHADAP KETERLIBATAN PEMILIH PEMULA PADA PASANGAN CALON MENJELANG PILPRES 2019 (STUDI PADA MAHASISWA UIN RADEN INTAN LAMPUNG)

AGUSTRIA LARASATI, LAR (2020) PENGARUH PERANG DIKSI TERHADAP KETERLIBATAN PEMILIH PEMULA PADA PASANGAN CALON MENJELANG PILPRES 2019 (STUDI PADA MAHASISWA UIN RADEN INTAN LAMPUNG). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Pengaruh perang diksi beredar membuat informasi yang memicu perubahan pengaruh dalam kehidupan dan pola pikir masyarakat dan mahasiswa. Perang diksi yang selalu berbalas-balasan yang seharusnya tidak layak kata-kata seperti itu keluar dari para pasangan calon. Keterlibatan pemilih pemula dalam masa kampanye sangat berperan besar sebagai pengawas partisipasif pada pemilu serentak 2019 karena jumlah pemilih pemula pada tahun ini meningkat, oleh karena itu hak pilih mereka sangat menetukan masa depan bangsa ini. Jika setiap saat semua pemilih pemula disuguhi tentang ketidak baikan satu sama lain dan pasangan calon saling jatuhkan, maka akan menyebabkan tidak ada nantinya yang akan dipilih atau malah merubah pilihannya terutama bagi para pemilih pemula. Pasti jumlah “golput” akan semakin banyak dan semakin beralasan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Apakah ada pengaruh perang diksi terhadap keterlibatan pemilih pemula pada paslon menjelang pilpres 2019 di UIN Raden Intan Lampung? 2) Seberapa besar pengaruh perang diksi terhadap keterlibatan pemilih pemula pada paslon menjelang pilpres 2019 di UIN Raden Intan Lampung? Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh perang diksi terhadap keterlibatan pemilih pemula yang terjadi pada mahasiswa ushuluddin yang baru prtama kali memilih. Penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan subjek penelitian 52 mahasiswa. Peneliti mengunakan metode starfied random sampling. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala pengaruh perang diksi yang terdiri dari 5 item dan skala keterlibtan pemilih pemula adalah 12 item. Hasil penelitian ini menunjukan adanya pengaruh perang dikisi terhadap keterlibatan pemilih pemula dalam menentukan kedua pasangan calon. Pengaruh keterlibatan pemilih pemula juga berpengaruh melalui berita politik dan media masa yang disajikan. Saran peneliti selanjutnya agar lebih fokus dan proporsional.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pemikiran Politik Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Pemikiran Politik Islam
Depositing User: Najib Ali
Date Deposited: 18 Aug 2020 03:23
Last Modified: 18 Aug 2020 03:23
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/11553

Actions (login required)

View Item View Item