IMPLEMENTASI EVALUASI PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI DI TAMAN KANAK DHARMA WANITA PERSATUAN BANDAR LAMPUNG

MIA OKTAVIA, okt (2020) IMPLEMENTASI EVALUASI PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI DI TAMAN KANAK DHARMA WANITA PERSATUAN BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi Full.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[thumbnail of Awal - BAB II dan Daftar Pustaka (1).pdf]
Preview
PDF
Download (6MB) | Preview

Abstract

Evaluasi pembelajaran anak usia dini merupakan proses mengukur dan menilai sesuatu sehingga tercapai tujuan dari proses pembelajaran. Evaluasi didasari oleh penilaian dan harus ada pengukuran. Dalam evaluasi harus memiliki alat ukur yang benar dan dapat dipertanggungjawabkan keasliannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lebih lanjut mengenai bagaimana penerapan evaluasi pembelajaran anak usia dini di taman kanak-kanak dharma wanita persatuan bandar lampung. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana Implementasi Evaluasi Pembelajaran Anak Usia Dini di Taman Kanak-kanak Dharma Wanita Persatuan Bandar Lampung”. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumen analisis. Data dianalisis menggunakan reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam Implementasi Evaluasi Pembelajaran Anak Usia Dini di Taman Kanakkanak Dharma Wanita Persatuan Bandar Lampung menyatakan bahwa dari lima indikator ada empat indikator yang sudah terpenuhi diantaranya (1) Merumuskan atau menetapkan kegiatan (2) Menyiapkan alat atau teknik penilaian (3) Menetapkan kriteria penilaian (4) Menentukan nilai. Namun, ada satu indikator yang belum terpenuhi yaitu mengumpulkan data. Pendidik kurang untuk mengumpulkan data hasil kegiatan pembelajaran. Seharusnya secara rutin pendidik mengumpulkan data hasil kegiatan pembelajaran pada peserta didik yang telah dilakukan. Hal tersebut dilakukan supaya dalam pelaksanaan rekapitulasi penilaian nantinya pendidik tidak kesulitan untuk mendeskripsikan hasil pembelajaran pada peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Najib Ali
Date Deposited: 18 Aug 2020 03:19
Last Modified: 18 Aug 2020 03:19
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/11551

Actions (login required)

View Item View Item