PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLANING TERHADAP BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA

AHMAD ABDUL AZIZ, ABD (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLANING TERHADAP BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI  2.pdf]
Preview
PDF
Download (3MB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI  1.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLANING TERHADAP BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA Oleh AHMAD ABDUL AZIZ Masalah yang terjadi dilapangan ialah Guru Matematika X SMK Muhammadiyah 2 Bandar Lampung ialah disebabkan karena model pembelajaran yang digunakan oleh guru kurang mampu untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa, sehingga dibutuhkan suatu inovasi dalam penggunaan model pembelajaran yang mampu untuk mengembangkan kemampuan tersebut. Berdasarkan hasil pra penelitian diperoleh hasil yang menunjukan bahwa kemampuan berpikir kritis matematis siswa khususnya siswa kelas SMK Muhammadiyah 2 Bandar Lampung masih tergolong dalam kategori rendah. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari model Student Facilitator and Explaning dan kemandirian belajar terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis Quasy Eksperimental Design dengan menggunkan post- test only control. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XSMK Muhammadiyah 2 Bandar Lampung. Sampel dalam penlitian ini adalalah kelas X A sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan dengan model Student Facilitator and Explaning dan X B sebagai kelas kontrol yang diberi perlakuan dengan model konvensional. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara Random Sampling yaitu teknik pengambilan sampel yang dilakukan secara acak. Pengambilan data dilakukan dengan cara pemberian soal post-tes kemampuan berpikir kritis matematis siswa dan angket kemandirian belajar. Uji analisis yang digunakan adalah analisis variansi dua jalan (ANAVA) dengan taraf signifikani 5% diperoleh hasil Fhitung = 16,98I dan Ftabel = 3,156 atau Fhitung > Ftabelsehingga HoA di tolak, Fhitung = 10,755 dan Ftabel = 4,007 atau Fhitung > Ftabelsehingga HoB di tolak, Fhitung = 22,950 dan Ftabel = 3,156 atau Fhitung > Ftabel sehingga HoAB di terima. Berdasarkan pada hasil penelitian tesebut maka dapat disimpulkan bahwa: (1) terdapat pengaruh model pembelajaran Student Facilitator and Explaning terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa, (2) terdapat pengaruh kemandirian belajar tinggi, sedang, dan rendah terhadap berpikir kritis matematis siswa, (3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran Student Facilitator and Explaningdan kemandirian belajar tinggi, sedang, dan rendah terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 18 Aug 2020 02:36
Last Modified: 18 Aug 2020 02:36
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/11548

Actions (login required)

View Item View Item