PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DITINJAU DARI MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK

TIARA FRANSISKA, FRA (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DITINJAU DARI MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of skripsi tiara bab 1,2,3 dapus.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview
[thumbnail of skripsi tiara full.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM TERHADAP PENALARAN MATEMATIS DITINJAU DARI MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK Oleh Tiara Fransiska Kemampuan penalaran matematis merupakan bagian dari kurikulum matematika yang sangat penting. Berdasarkan pra penelitian menunjukkan bahwa kemampuan penalaran matematis siswa SMK Negeri 7 Bandar Lampung masih rendah terbukti dari hasil tes pra penelitian berdasarkan indikator penalaran matematis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaranFlipped Classroom dan minat belajar terhadap kemampuan penalaran matematis peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis quasy experimental dan desain yang digunakan adalah pretest dan posttest. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh kelas XI SMK Negeri 7 Bandar Lampung. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas XI Akutansi 1 sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Flipped Classroom dan kelas XI Akutansi 2 sebagai kelas kontrol menggunakan model konvensional. Teknik pengambilan sampel menggunakan random. Pengambilan data yang digunakan adalah tes kemampuan penalaran matematis dan angket minat belajar. Uji analisis yang digunakan adalah analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama dengan taraf signifikan 0,05%. Prasyarat analisis yaitu populasi berdistribusi normal dengan uji Liliefors dan populasi homogen dengan metode Barlett. Dari hasil analisis diperoleh Fa = 100,019006 > Ftabel = 4,003983 sehingga H0A ditolak, Fb = 79,9147537 > Ftabel = 3,153123 sehingga H0B ditolak, Fab =-38,2376899< Ftabel = 3,153123 sehingga FAB diterima. Berdasarkan kajian teori dan perhitungan analisis dapat disimpulkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh model pembelajaran Flipped Classroom terhadap kemampuan penalaran matematis peserta didik. (2) Terdapat pengaruh minat belajar peserta didik terhadap kemampuan penalaran matematis. (3) Tidak terdapat interaksi antara pembelajaran Flipped Classroomdan minat belajarterhadap kemampuan penalaran matematis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 18 Aug 2020 01:53
Last Modified: 18 Aug 2020 01:53
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/11545

Actions (login required)

View Item View Item