PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY-BASED LEARNING DAN INQUIRY-BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS DAN REPRESENTASI MATEMATIS PESERTA DIDIK

KIKI DWI VATMALA, VAT (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY-BASED LEARNING DAN INQUIRY-BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS DAN REPRESENTASI MATEMATIS PESERTA DIDIK. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI  2.pdf]
Preview
PDF
Download (4MB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI 1.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Berdasarkan hasil pra penelitian yang dilakukan, terlihat bahwa kemampuan literasi matematis dan representasi matematis masih rendah, hal tersebut terlihat dari nilai ulangan harian peserta didik pada semester ganjil kelas VII. Berdasarkan indikator kemampuan literasi matematis dan representasi matematis diketahui kemampuan literasi matematis dan representasi matematis juga masih rendah. Selain itu terlihat bahwa banyak peserta didik yang berasumsi bahwa matematika sulit untuk dipahami, serta kurang efektifnya model pembelajaran konvensional yang diterapkan di sekolah tersebut, yaitu pembelajaran langsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran (Discovery-Based Learning dan Inquiry-Based Learning) terhadap kemampuan literasi matematis dan representasi matematis peserta didik. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Quasy Experimental Design. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP N 1 Padang Ratu. Sampel penelitian ini yaitu Kelas VIIA (model pembelajaran discovery-based learning), Kelas VIIC (model pembelajaran inquiry-based learning), Kelas VIID (model pembelajaran direct instruction). Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu instrumen tes kemampuan literasi matematis dan representasi matematis. Analisis data pada penelitian ini adalah Multivariate Analysis of Varian (Manova) dengan p-value < 0,05. Kesimpulannya terdapat pengaruh model pembelajaran (discovery-based learning dan inquiry-based learning) terhadap kemampuan literasi matematis dan representasi matematis peserta didik. Uji lanjut yang digunakan yaitu uji Tukey dengan hasil bahwa hanya kelas dengan model pembelajaran inquiry-based learning tidak berbeda nyata dengan kelas yang diterapkan model pembelajaran discovery-based learning untuk kemampuan literasi matematis dan representasi matematis. Model pembelajaran yang terbaik diantara tiga model pembelajaran (discovery-based learning, inquiry-based learning, direct instruction) untuk meningkatkan kemampuan literasi dan representasi matematis adalah model pembelajaran discovery-based learning.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Aug 2020 07:00
Last Modified: 14 Aug 2020 07:00
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/11544

Actions (login required)

View Item View Item