IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH PROVINSILAMPUNG NOMOR 8 TAHUN 2017 TENTANG KAWASAN TANPA ROKOK MENURUT PANDANGAN HUKUM ISLAM (Studi pada Rumah Sakit Umum Daerah dr. H. Abdul Moeloek)

BAMBANG SUPRIYADI, SUP (2020) IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH PROVINSILAMPUNG NOMOR 8 TAHUN 2017 TENTANG KAWASAN TANPA ROKOK MENURUT PANDANGAN HUKUM ISLAM (Studi pada Rumah Sakit Umum Daerah dr. H. Abdul Moeloek). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of COVER-BAB1-BAB2-DAPUS.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI_COMPLETE.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Sebagai wujud kepedulian Pemerintah Daerah Provinsi Lampung terhadap kesehatan masyarakatnya, pemerintah mengeluarkan kebijakan terkait di bidang kesehatan yaitu Peraturan Daerah Provinsi Lampung Nomor 8 Tahun 2017 Tentang Kawasan Tanpa Rokok. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi Peraturan Daerah Provinsi Lampung Nomor 8 Tahun 2017 Tentang Kawasan Tanpa Rokok di Rumah Sakit Umum Daerah dr. H. Abdul Moeloek? Bagaimana pandangan hukum Islam terhadap implementasi Peraturan Daerah Provinsi Lampung Nomor 8 Tahun 2017 Tentang Kawasan Tanpa Rokok di Rumah Sakit Umum Daerah dr. H. Abdul Moeloek? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui impelementasi Peraturan Daerah provinsi Lampung tentang kawasan tanpa rokok dan pandangan hukum Islam mengenai Peraturan Daerah Provinsi Lampung Nomor 8 Tahun 2017 Tentang Kawasan Tanpa Rokok di Rumah Sakit Umum Daerah dr. H. Abdul Moeloek Provinsi Lampung. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field reseach) yang bersifat studi kasus pada staf dan pengunjung Rumah Sakit Umum Daerah dr. H. Abdul Moeloek Kota Bandar Lampung. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, maka peneliti melakukan analisis dengan pendekatan deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode berfikir deduktif. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, pihak pengunjung yang datang kerumah sakit secara silih berganti, pengunjung yang juga sebagai pelanggar atau perokok di kawasan tanpa rokok di rumah sakit ini, mereka mengetahui pemberlakuan kawasan tanpa rokok dan kurangnya kesadaran hukum itulah yang membuat pelanggar hukum tetap berani melanggar aturan yang telah diterapkan seolah-olah mengabaikan peraturan yang telah diketahui. Ditinjau dari hukum Islam proses pelaksaannya tentang kawasan tanpa rokok masih belum sepenuhnya sesuai dengan hukum Islam di mana kawasan tanpa rokok belum terwujud dan pemerintah daerah belum begitu tegas dalam mengatur perokok yang merokok di tempat umum.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Aug 2020 06:31
Last Modified: 14 Aug 2020 06:31
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/11540

Actions (login required)

View Item View Item