TINJAUAN HUKUM ISLAM TENTANG NISBAH ANAK DI LUAR NIKAH YANG TIDAK PADA IBU KANDUNGNYA (Studi Pada Masyarakat Kelurahan Pajar Bulan Kecamatan Way Tenong Kabupaten Lampung Barat)

ERVIANA, erv (2020) TINJAUAN HUKUM ISLAM TENTANG NISBAH ANAK DI LUAR NIKAH YANG TIDAK PADA IBU KANDUNGNYA (Studi Pada Masyarakat Kelurahan Pajar Bulan Kecamatan Way Tenong Kabupaten Lampung Barat). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI ERVIANA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of PUSAT 1 2.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Kelurahan Pajar Bulan Kecamatan Way Tenong Kabupaten Lampung Barat, terdapat orang yang melakukan nisbah anak di luar nikah yang tidak pada ibu kandungnya yaitu dengan cara menisbahkan nasab anak di luar nikah kepada orang lain atau saudaranya yang ada di luar kota dan berakibat memutuskan hubungan nasab antara anak di luar nikah dengan ibu kandungnya berdasarkan proses kehamilan dan kelahirannya. Islam menganjurkan umatnya untuk menikah dan melarang perbuatan zina serta adopsi secara mutlak yang berimbas mengacaukan, mengingkari, memutuskan hubungan nasab sehingga tidak terjaga kemurnian nasabnya. Rumusan masalah dari penelitian ini bagaimana faktor terjadinya nisbah anak di luar nikah yang tidak pada ibu kandungnya dan bagaimana tinjauan hukum Islam mengenai nisbah tersebut. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui faktor yang menyebabkan seseorang melakukan nisbah anak di luar nikah yang tidak pada ibu kandungnya dan bagaimana tinjauan hukum Islamnya. Penelitian ini berjenis lapangan (Feald Research) dan bersifat deskriptif analitik, berdasarkan jenis sumber data primer yang diperoleh secara langsung dari sumbernya dan data sekunder yang mendukung sumber data resmi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah pengamatan (observasi), wawancara (interview). Adapun untuk pengelolaan data adalah induktif yaitu suatu penelitian yang bertujuan menarik dari fakta khusus kemudian menjadi umum, analisis data adalah kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa nisbah anak di luar nikah yang tidak pada ibu kandungnya berasal dari faktor sebagai berikut: Tidak mendapat pertangung jawaban, karena malu hamil dan melahirkan tanpa adanya suami, untuk menutup aib keluarga, merasa iba karena anak di luar nikah ditelantarkan oleh ibu kandungnya sendiri, untuk mempermudah pelayanan administrasi anak, mengikuti orang yang lebih dulu melakukan nisbah anak di luar nikah dengan dalih memiliki kesamaan nasib. Tinjauan hukum Islam anak di luar nikah hanya memiliki hubungan nasab dengan ibunya dan keluarga ibunya, melakukan nisbah anak di luar nikah yang tidak pada ibu kandungnya hukumnya adalah haram. Hal ini dikarenakan nasab merupakan karunia besar yang Allah turunkan dan diperintahkan kepada umat-Nya untuk menjaga keturunannya, jangan sampai dipalsukan, apalagi didustakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga)
Divisions: Fakultas Syariah > Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga)
Depositing User: Najib Ali
Date Deposited: 13 Aug 2020 04:05
Last Modified: 13 Aug 2020 04:05
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/11531

Actions (login required)

View Item View Item