TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP TRANSAKSI JUAL BELI TEBUS MURAH (Di Indomaret Turi Raya Al-Zaitun, Kecamatan Tanjung Senang, Kota Bandar Lampung)

FEBRI ROHMAT HABIBI, hab (2020) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP TRANSAKSI JUAL BELI TEBUS MURAH (Di Indomaret Turi Raya Al-Zaitun, Kecamatan Tanjung Senang, Kota Bandar Lampung). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of PERPUS PUSAT.pdf]
Preview
PDF
Download (4MB) | Preview

Abstract

Jual beli adalah salah satu kegiatan bertemunya antara penjual dan pembeli dimana masing-masing pihak saling mengharapkan keuntungan. Praktek jual beli sangat banyak diminati para masyarakat, karena hasil yang di dapat terjamin. Namun dalam menjalankan praktek ini dibutuhkan inovasi, agar praktek jual beli yang dilakukan tidak menyebabkan kerugian bagi kita yang menjalankannya.Salah satu cara inovasi yang dapat dilakukan yaitu seperti melakukan promosi, tujuannya adalah tidak lain untuk menarik minat konsumen. Seperti yang dilakukan oleh usaha waralaba yaitu Indomaret Turi Raya Al-Zaitun, Kecamatan Tanjung Senang, Kota Bandar Lampung. Cara yang dilakukan di Indomaret tersebut adalah dengan menerapkan sistem tebus murah, yang dimana konsumen di anjurkan untuk membeli sebuah produk yang telah di tentukan oleh toko tersebut untuk bisa mendapatkan promosi tersebut. Adapun permasalahan dalam penelitian ini adalah 1.Praktik sistem diskon di Indomaret Turi Raya AlZaitun, Kecamatan Tanjung Senang, Kota Bandar Lampung 2.Tinjauan hukum Islam terhadappraktek sistem diskon di Indomaret Turi Raya Al-Zaitun, Kecamatan Tanjung Senang, Kota Bandar Lampung. Tujuan dari penelitian ini adalah1.Untuk Mengetahui praktik sistem diskon di Indomaret Turi Raya AlZaitun, Kecamatan Tanjung Senang, Kota Bandar Lampung 2.Untuk mengetahui tentang hukum Islam terhadap praktek sistem diskon di Indomaret Turi Raya AlZaitun, Kecamatan Tanjung Senang, Kota Bandar Lampung. Penelitian ini berjenis Field Research (Penelitian Lapangan) yang dilakukan diIndomaret Turi Raya Al-Zaitun, Kecamatan Tanjung Senang, Kota Bandar Lampung dan di dukung menggunakan metode penelitian pustaka (library research) dengan menggunakan referensi yang ada di perpustakaan yang berhubungan dengan permasalahan yang ingin diteliti, baik berupa buku, catatan, maupun laporan hasil penelitian terdahulu. Metode pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data bahwa transaksi jual beli dengan sistem diskon ini tidak diperbolehkan, karena di dalamnya terdapat transaksi jual beli besyarat, yang mana jual beli bersyarat ini sama halnya dengan jual beli dengan menentukan dua harga, menurut tinjauan hukum Islam menentukan dua harga dan pelaksanaan sistem diskon dilarang dalam Islam kerena terdapat perbuatan yang sifat mubazir dan dalam transaksi tersebut terdapat unsur gharar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: Najib Ali
Date Deposited: 13 Aug 2020 03:52
Last Modified: 13 Aug 2020 03:52
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/11528

Actions (login required)

View Item View Item