IMPLEMENTASI SISTEM PENDIDIKAN FULL DAY SCHOOL DI SEKOLAH (ANALISIS KEBIJAKAN PERATURAN MENTERI NOMOR 23 TAHUN 2017 TENTANG HARI SEKOLAH)

DEITHA NURTESA DAMARES, DAM (2020) IMPLEMENTASI SISTEM PENDIDIKAN FULL DAY SCHOOL DI SEKOLAH (ANALISIS KEBIJAKAN PERATURAN MENTERI NOMOR 23 TAHUN 2017 TENTANG HARI SEKOLAH). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI 2.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI DEITHA NURTESA DAMARES.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK IMPLEMENTASI SISTEM PENDIDIKAN FULL DAY SCHOOL DI SEKOLAH (ANALISIS KEBIJAKAN PERATURAN MENTERI NOMOR 23 TAHUN 2017 TENTANG HARI SEKOLAH) Oleh DEITHA NURTESA DAMARES Perencanaan pembangunan manusia melalui Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2017 Tentang Hari Sekolah atau Full Day School mendapatkan perhatian sendiri bagi kalangan pemerhati pendidikan nasional di mana kebijakan ini dianggap terlalu tergesa-gesa dan tidak tepat sasaran. Kebijakan tersebut dibuat bukan untuk kepentingan masyarakat dan para penyelenggara pendidikan atau sekolah sebagai stakeholder terkait sehingga penolakan dan protes atas kebijakan ini tidak terbendung sebagai kebijakan yang hanya berorientasi pada pencapaian visi penguatan pendidikan karakter saja tanpa melihat otonomi daerah dan hak penyelenggara sekolah untuk mengatur dan melaksanakan pendidikan sesuai amanat tujuan pendidikan Nasional. Fokus pembahasan skripsi ini terkait tentang Problematika Implementasi Sistem Pendidikan Full Day School di Sekolah (Analisis Kebijakan Peraturan Menteri Nomor 23 Tahun 2017 Tentang Hari Sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem pendidikan full day school dan implementasinya di Madrasah serta untuk menganalisa kebijakan sistem full day school di Indonesia secara umum berdasarkan permen nomor 27 tahun 2017 tentang hari sekolah. Data penelitian ditempuh melalui metode kualitatif dengan analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kebijakan Full Day School ini adalah salah satu contoh dari kebijakan pemerintah yang berkarakter ortodoks. Suatu kebijakan yang tidak berorientasi pada kepentingan masyarakat dan stakeholder dalam pendidikan akan tetapi lebih menekankan kepada capaian prestasi dan visi pemerintah pendidikan dalam penguatan pendidikan karakter di sekolah untuk menghadapi tantangan zaman di era globalisasi. Keterlibatan langsung dan partisipasi masyarakat atau stakeholder dalam pendidikan tidak diikutsertakan dalam penentuan kebijakan sehingga secara institusional penentuan kebijakan bersifat sentralistik dan terkesan memaksakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 Aug 2020 03:44
Last Modified: 13 Aug 2020 03:44
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/11526

Actions (login required)

View Item View Item