TINJAUAN HUKUM ISLAM TENTANG JUAL BELI BUNGA KAMBOJA MILIK TANAH MAKAM (Studi di Desa Sidomulyo Kecamatan Negerikaton Kabupaten Pesawaran)

KHARIS FITRIADI, FIT (2020) TINJAUAN HUKUM ISLAM TENTANG JUAL BELI BUNGA KAMBOJA MILIK TANAH MAKAM (Studi di Desa Sidomulyo Kecamatan Negerikaton Kabupaten Pesawaran). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of KHARIS PUSAT.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview
[thumbnail of KHARIS FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Bunga kamboja merupakan sekelompok tumbuhan dari marga plumeria, bentuknya berupa pohon dengan daun jarang namun tebal, bunganya yang harumnya sangat khas dengan mahkota berwarna putih hingga merah keunguan. Bunga kamboja tersebut diperjual belikan oleh beberapa masyarakat desa Sidomulyo, sebagaian dari orang tersebut mengambil bunga kamboja yang jatuh ditanah kuburan kemudian setelah bunga terkumpul banyak bunga tersebut akan dijemur/dikeringkan terlebih dahulu dan kemudian dijual. Penelitian ini menarik beberapa permasalahan diantaranya adalah: bagaiman praktik jual beli bunga kamboja milik tanah makan di Desa Sidomulyo Pesawaran, dan bagaimana tinjauan hukum Islam tentang jual beli bunga kamboja milik tanah makam di Desa Sidomulyo Pesawaran. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana praktik jual beli bunga kamboja milik tanah makam di Desa Sidomulyo Pesawaran, dan untuk mengetahui bagaimana tinjauan hukum Islam tentang jual beli bunga kmboja milik tanah makam di Desa Sidomulyo Pesawaran. Jenis penelitian dalam skripsi ini menggunakan penelitian lapangan (field research), yang mana penelitian ini dilakukan di Desa Sidomulyo Kecamatan Negerikaton Kabupaten Pesawaran. Data primer dikumpulkan melalui observasi dan wawancara, dan dilengkapi dengan data sekunder. Analisis dalam skripsi ini dilakukan secara kualitatif dengan metode berfikir induktif yaitu berasal dari fakta-fakta yang khusus dari peristiwa yang ditarik generalisasi secara umum. Berdasarkan hasil penelitian, praktik jual beli kamboja milik tanah makam yang terjadi di Desa Sidomulyo Kecamatan Negerikaton Kabupaten Pesawaran, objek barang yang di transaksikan dalam jual beli bunga kamboja milik tanah makam merupakan milik tanah desa atau tanah bengkok yang dijadikan makam, cara transaksi jual beli yang dilakukan adalah dimulai dari bunga kamboja basah yang diambil dari makam sampai dengan pengeringan. Kalau sudah kering maka dilakukan transaksi dengan cara si penjual menyiapkan barang tersebut dan si pembeli menyediakan uang dengan membeli barang tersebut yang kedua-duanya saling berakad, selanjutnya mengenai penetapan harga adalah dengan melihat harga pasaran pada saat itu atau keumuman harga, kalau harga bunga itu naik maka akan dinaiakn oleh pembeli sebaliknya kalau harga bunga turun maka harga bunga itupun ikut turun. Tinjauan hukum islam terhadap jual beli bunga kamboja milik tanah makam boleh karna jual beli yang dilakukan sudah memenui syarat dan rukun jual beli yang berkaitan dengan objek jual beli yaitu kejelasan objek , objek tersebut termasuk mal mubah yaitu harta bersama yang siapa saja boleh mengambil, memanfaatkan dan mengunakanya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 Aug 2020 02:58
Last Modified: 13 Aug 2020 02:58
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/11524

Actions (login required)

View Item View Item