IMPLEMENTASI PASAL 15 PERATURAN DAERAH KABUPATEN TANGGAMUS NOMOR 02 TAHUN 2010 TENTANG KEBERSIHAN DAN KEINDAHAN LINGKUNGAN PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (Studi di Pantai Desa Kampung Baru Kecamatan Pematang Sawa Kabupaten Tanggamus)

ADI RUSTOMI, RUS (2020) IMPLEMENTASI PASAL 15 PERATURAN DAERAH KABUPATEN TANGGAMUS NOMOR 02 TAHUN 2010 TENTANG KEBERSIHAN DAN KEINDAHAN LINGKUNGAN PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (Studi di Pantai Desa Kampung Baru Kecamatan Pematang Sawa Kabupaten Tanggamus). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of skripsi bab 1&2.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview
[thumbnail of skripsi full.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Kebersihan adalah keadaan bebas dari kotoran, termasuk diantaranya debu, sampah dan bau. Berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Tanggamus Nomor 02 Tahun 2010 tentang Kebersihan dan Keindahan Lingkungan, dijelaskan bahwa setiap orang atau badan bertanggungjawab atas kebersihan dan setiap orang atau badan dilarang membuang sampah (kotoran ke jalan), sungai, laut, selokan atau tempat-tempat lainnya secara sembarangan selain pada tempatnya dan juga dilarang membuang limbah ke laut, sungai dan perairan umum. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana implementasi pasal 15 Peraturan Daerah Tanggamus Nomor 02 tahun 2010 tentang kebersihan dan keindahan lingkungan di pantai Desa Kampung Baru Kecamatan Pematang Sawa Kabupaten Tanggamus? dan Bagaimana pandangan hukum Islam terhadap Implementasi pasal 15 Peraturan Daerah Kabupaten Tanggamus Nomor 02 Tahun 2010 Tentang kebersihan dan keindahan lingkungan di pantai Desa Kampung Baru Kecamatan Pematang Sawa Kabupaten Tanggamus? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi pasal 15 Peraturan Daerah Tanggamus Nomor 02 tahun 2010 tentang kebersihan dan keindahan lingkungan di pantai Desa Kampung Baru Kecamatan Pematang Sawa Kabupaten Tanggamus dan untuk mengetahui pandangan hukum Islam terhadap Implementasi pasal 15 Peraturan Daerah Kabupaten Tanggamus Nomor 02 Tahun 2010 Tentang kebersihan dan keindahan lingkungan di pantai Desa Kampung Baru Kecamatan Pematang Sawa Kabupaten Tanggamus. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) artinya suatu penelitian yang dilakukan secara sistematis, teratur, dan mendalam dengan mengangkat data atau fakta-fakta yang ada di lapangan khususnya di Desa Kampung Baru Kecamatan Pematang Sawa Kabupaten Tanggamus. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa implementasi Pasal 15 Peraturan Daerah Kabupaten Tanggamus Nomor 02 Tahun 2010 belum terlaksana secara maksimal ada sebagian masyarakat yang belum menjaga kebersihan dan Keindahan Lingkungan sekitar pantai Desa Kampung Baru. Perspektif Hukum Islam terhadap Implementasi Pasal 15 Peraturan Daerah Kabupaten Tanggamus Nomor 02 Tahun 2010 belum secara maksimal diterapkan. Manusia sebagai khalifah di bumi memilki tanggung jawab untuk mengolah, memanfaatkan dan melestarikan lingkungan. Sikap masyarakat sekitar pantai yang belum menjaga kebersihan lingkungan pantai dan membiarkan sampah berserakan dimana-mana itu termasuk melakukan kerusakan di bumi dan tidak menjalankan prinsip etika untuk menjaga agar lingkungan tetap bersih.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 Aug 2020 02:23
Last Modified: 13 Aug 2020 02:23
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/11522

Actions (login required)

View Item View Item