BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII SMPN 2 MENGGALA TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Annisa Istiqoma Haryati, Har (2020) BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII SMPN 2 MENGGALA TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Awal - BAB II dan Daftar Pustaka.pdf]
Preview
PDF
Download (6MB) | Preview
[thumbnail of Skripsi Full.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Tugas perkembangan remaja rentan usia 11-17 tahun mampu menerima keadaan fisiknya, mampu membina hubungan baik dengan anggota kelompok, mencapai kemandirian emosional, mengembangkan konsep dan keterampilan intelektual, serta mampu mengembangkan perilaku tanggung jawab sosial yang diperlukan untuk memasuki kehidupan yang lebih kompleks. Sikap kemandirian belajar merupakan salah satu pembentukan kemampuan diri sendiri untuk menyelesaikan masalah secara bebas, progesif, penuh inisiatif, konsisten dan bersemangat dalam belajar karena dalam diri siswa seharusnya sudah tertanam kesadaran dan kebutuhan belajar melalui tugas dan kewajiban secara tanggung jawab. Keberadaan layanan Bimbingan Konseling di sekolah berperan membantu peserta didik untuk mengetahui berbagai informasi, mengajak peserta didik untuk tidak ragu-ragu dalam mencapai aktualisasi diri yang positif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana upaya yang diberikan guru Bimbingan Konseling dalam membantu meningkatkan kemandirian belajar peserta didik di SMPN 2 Menggala Tulang Bawang. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi digunakan untuk mengidentifikasi peserta didik kelas VII yang memiliki rasa kurang mandiri belajar. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan proses layanan bimbingan kelompok yang dilakukan guru BK terlaksana dengan baik. Dapat terlihat dari perubahan tingkah laku terkait kemandirian belajar peserta didik yang awalnya kurang, ada peserta didik yang masih merasa tidak yakin atas kemampuan dirinya sendiri sehingga cenderung malas belajar dan enggan untuk maju ke depan ketika diminta untuk menjelaskan dan menyampaikan pendapatnya, namun setelah diberikan layanan bimbingan kelompok peserta didik meningkat. Media pembelajaran yang diberikan sesuai dengan RPL yaitu dengan media video motivasi dan slide materi terkait kemandirian belajar. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa upaya yang diberikan guru BK melalui pelaksanaan kegiatan layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan kemandirian belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 12 Aug 2020 06:35
Last Modified: 12 Aug 2020 06:35
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/11518

Actions (login required)

View Item View Item