PEMBAGIAN HARTA BERSAMA PASCA PERCERAIAN PERSPEKTIF HUKUM ISLAM DAN HUKUM POSITIF (Analisis Putusan PA Tulang Bawang Nomor 0480/Pdt.G/2017/PA.Tlb)

MUHAMMAD IQBAL, IQB (2021) PEMBAGIAN HARTA BERSAMA PASCA PERCERAIAN PERSPEKTIF HUKUM ISLAM DAN HUKUM POSITIF (Analisis Putusan PA Tulang Bawang Nomor 0480/Pdt.G/2017/PA.Tlb). Masters thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of TESIS MUHAMMAD IQBAL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of TESIS 2.pdf] PDF
Download (2MB)

Abstract

Putusnya perkawinan akibat perceraian akan timbul permasalahan hukum baru terkait hak dan kewajiban serta status dari keduanya. Termasuk di dalamnya adalah hak dan kewajiban terhadap harta tang di peroleh semasa terikat perkawinan. Batasan dalam penelitian ini adalah pada pelaksanaan pembagian harta Bersama pasca perceraian. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana praktik dan dampak pembagian harta Bersama pasca perceraian pada perkara nomor. 0480/Pdt.G/2017/PA.Tlb serta tinjauan hukum islam dan hukum positif atas perkara tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis praktik serta dampak pembagian harta bersama pasca perceraian pada perkara nomor. 0480/Pdt.G/2017/PA.Tlb yang dilihat dalam hukum islam dan hukum positif. Penelitian ini bersifat penelitian lapangan. Penelitian ini berfokus pada kasus yang terjadi di Pengadilan Agama Tulang Bawang pada perkara pembagian harta bersama pasca perceraian pada perkara nomor 0480/Pdt.G/2017/PA.Tlb. Penelitian ini bersifat deskriptif analisis, yakni penjabaran tentang perkara pembagian harta Bersama pasca perceraian pada perkara nomor 0480/Pdt.G/2017/PA.Tlb. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa : (1) Praktik penyelesaian sengketa harta bawaan dan harta bersama serta pembagiannya pada perkara Nomor. 0480/Pdt.G/2017/PA.Tlb telah dilakukan dengan baik oleh majelis hakim. Proses tersebut dilakukan berdasarkan pemeriksaan perkara hingga putusan yang menetapkan harta bawaan dan harta bersama bagi pihak yang berperkara. Sedangkan dampak dari putusan tersebut adalah bahwa masing-masing pihak harus melaksanakan putusan tersebut dan telah dilaksanakan dengan sukarela. (2) Tinjauan hukum Islam dalam perkara ini adalah bahwa apa yang dilakukan majelis hakim adalah bentuk ijtihad demi mewujudkan keadilan bagi para pihak. Sedangkan tinjauan hukum positif dalam putusan perkara Nomor 0480/Pdt.G/2017/PA.Tlb telah dilakukan secara cermat oleh majelis hakim dengan mempertimbangkan pembuktian pada proses persidangan dengan menjunjung tinggi nilai keadilan bagi para pihak. Pada putusan majelis hakim mempertimbangkan putusan dengan merujuk pada aturan yang berlaku (positivistik) ditambah dengan membuat putusan di luar aturan tersebut (progresif) demi menjunjung nilai keadilan dan kepastian hukum

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga)
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Ilmu Syariah dan Hukum Keluarga
Depositing User: Najib Ali
Date Deposited: 19 Feb 2021 03:55
Last Modified: 19 Feb 2021 03:55
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/11517

Actions (login required)

View Item View Item