METODE PENDIDIKAN ISLAM DALAM KITAB HAYATUS SHAHABAH KARYA SYAIKH MUHAMMAD YUSUF AL-KANDAHLAWI

DINA CAHYANI, cah (2020) METODE PENDIDIKAN ISLAM DALAM KITAB HAYATUS SHAHABAH KARYA SYAIKH MUHAMMAD YUSUF AL-KANDAHLAWI. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI BURNING.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (875kB)
[thumbnail of Untitled-1 copy.PDF]
Preview
PDF
Download (283kB) | Preview

Abstract

Mengamati fenomena empirik yang ada pada saat ini. Maka, penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya pendidikan yang ada dalam memperhatikan penggunaan metode pendidikan Islam dalam men-tarbiyah peserta didik dilingkungan pendidikan atau dilingkungan masyarakat terhadap persoalan perubahan tingkah laku peserta didik agar termotivasi untuk bergerak, berbuat, dan bertindak sesuai prilaku yang diajarkan oleh Rasulullah dalam kehidupan sehari-harinya. Sesuai dengan latar belakang tersebut permasalahan yang dapat dirumuskan dalam penelitian ini adalah bagaimana metode pendidikan Islam dalam kitab Hayatus Shahabah karya Syaikh Muhammad Yusuf al-Kandahlawi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode pendidikan Islam dalam kitab Hayatus Shahabah karya Syaikh Muhammad Yusuf Al-Kandahlawi. Penelitian dilakukan dengan mengkaji data terkait, baik yang berasal dari sumber data (primary sources), maupun sumber data pendukung (secoundary sources). Sumber primer diperoleh langsung dari objek penelitian ini, yaitu: kitab Hayatus Shahabah yang diterbitkan oleh pustaka ramadan, bandung, 2015. Berdasarkan hasil dari penelitian kajian pustaka (Library Research) yang mengkaji kitab Hayatus Shahabah karya syaikh Muhammad Yusuf AlKandahlawi terdapat beberapa metode yang di ajarkan oleh Rasulullah sebagai suri tauladan terbaik sepanjang masa yaitu metode diskusi, metode nasihat, metode perintah dan larangan, metode targhib dan tarhib, dan metode kisah. Sepanjang pendidik mampu menyesuaikan metode yang digunakan sesuai dengan materi ajar, tujuan, perbedaan individu, kemampuan guru, sifat bahan pelajaran, situasi kelas, kelengkapan fasilitas, dan kelebihan serta kelemahan metode pengajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: Najib Ali
Date Deposited: 12 Aug 2020 05:07
Last Modified: 12 Aug 2020 05:07
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/11515

Actions (login required)

View Item View Item