PENGARUH TINGKAT KEDISIPLINAN SHOLAT FARDHU TERHADAP KECERDASAN SPIRITUAL SANTRI DI PONDOK PESANTREN AL-MUNAWWIRUSSHOLEH TELUK BETUNG BANDAR LAMPUNG TAHUN 2019

WULANDA ARIF, ari (2020) PENGARUH TINGKAT KEDISIPLINAN SHOLAT FARDHU TERHADAP KECERDASAN SPIRITUAL SANTRI DI PONDOK PESANTREN AL-MUNAWWIRUSSHOLEH TELUK BETUNG BANDAR LAMPUNG TAHUN 2019. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Makhluk ciptaan Allah SWT yang paling sempurna adalah manusia. Alasan dikatakan sempurna karna hanya manusia lah makhluk ciptaan-Nya yang diberi nafsu beserta akal pikiran sekaligus. Berbicara tentang kecerdasan itu sendiriadalah anugerah terbesar dari Allah untuk manusia dan sebagai penunjuk kelebihan manusia dibanding makhluk yang lain. Namun melihat realita yang ada disekitar kita, banyak terjadinya krisis intelektual dan moral. Jika ditarik tali asbabnya, krisis moral berkaitan dengan spiritual seseorang. Namun tidak ada penyakit tanpa obat. Sholat bisa sebagai terapi dari kerusakan spritual seseorang. Penelitian ini adalah berjenis kuantitatif.Tujuan penelitian yaituuntuk mengetahui pengaruh tingkat kedisiplinan shalat fardlu terhadap kecerdasan spiritual santri Pondok Pesantren Al-Munawwirus Sholeh Teluk Betung Bandar Lampung Tahun 2019.Penelitian ini menggunakan metode survei. Sampel yang didalam penelitian ini ialah seluruh santri pondok yang berjumah 25 orang. Menggunkan teknik pengmbilan sample sensus. Pengujian datanya menggunakan angket. Analisis datanya menggunakan uji normalitas, uji linieritas, regresi sederhana serta koefisien determinan. Dari hasil pengujian diperoleh hasil =2,456ndengan signifikansi 0,05 dan 2,068. Dari hasil itu menunjukkan bahwa > . Jika nilai t hitung > t tabel (2,456 > 2,068) maka Ho ditolak dan Ha diterima. Selain itu juga dalam penghitungan koefisien determinan hasilnya menunjukkan adanya pengaruh Kedisiplinan sholat fardhu terhadap kecerdasan spiritual pada santri Ponpes Al-Munawwirussholeh ,menunjukkan angka sebesar 20,8 % dan sisianya 79,2% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Kata Kunci : Kedisiplinan, Sholat Fardhu, Kecerdasan Spiritual.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: Najib Ali
Date Deposited: 12 Aug 2020 04:53
Last Modified: 12 Aug 2020 04:53
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/11511

Actions (login required)

View Item View Item