ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PEMBIAYAAN MURABAHAH DALAM MENINGKATKAN JUMLAH ANGGOTA (Studi Pada KSPPS BTM BiMU Bandar Lampung)

Yahya Sani Pratama, pra (2020) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PEMBIAYAAN MURABAHAH DALAM MENINGKATKAN JUMLAH ANGGOTA (Studi Pada KSPPS BTM BiMU Bandar Lampung). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Semakin banyaknya pertumbuhan bank konvensional dan bank syariah menjadikan tingkat persaingan semakin ketat dalam pencarian nasabah. Dengan persaingan yang terjadi, bank-bank harus menyusun strategi-strategi yang efektif agar bank-bank tersebut dapat diminati oleh masyarakat dan dipercayai untuk menghimpun dan menyalurkan dana yang mereka miliki. Strategi yang penting adalah strategi pemasarannya, karena pemasaran merupakan bidang yang paling dinamis dalam area manajemen. Selain itu strategi pemasaran merupakan salah satu cara untuk dapat mengenalkan produk-produk yang dimiliki KSPPS BTM BiMU Bandar Lampung agar produk tersebut dapat dikenal masyarakat luas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran yang dilakukan di KSPPS BTM BiMU Bandar Lampung, strategi yang paling tepat dalam meningkatkan jumlah anggota pembiayaan murabahah serta strategi pemasaran yang paling tepat dalam meningkatkan jumlah anggota pembiayaan murabahah menurut perspektif ekonomi islam. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) dilakukan dalam keadaan yang sebenarnya dalam menyelesaikan Tugas Akhir ini dengan cara observasi langsung, penelitian study kepustakaan serta wawancara di BTM BiMU Bandar Lampung dengan menggunakan pembiayaan akad murabahah. Hasil dari penelitian menjelaskan bahwa strategi pemasaran yang dilakukan untuk meningkatkan jumlah anggota pembiayaan murabahah yaitu segmentasi, targeting, dan positioning. Strategi segmentasi dengan membagi menjadi segmen goegrafis, demografis dan perilaku, targeting dengan menentukan pasar sasaran berdasarkan evaluasi segmen pasar, positioning atas dasar atribut, penentuan berdasarkan atribut produk tertentu. Metode tersebut digunakan karena sangat efektif bagi pihak pemasar maupun pihak anggota untuk berkomunikasi. Dan strategi pemasaran yang paling tepat dalam meningkatkan jumlah anggota pembiayaan murabahah menurut perspektif ekonomi islam terdiri dari pemasaran dan promosi, pelayanan terhadap anggota, loyalitas anggota dan persaingan antar koperasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Najib Ali
Date Deposited: 12 Aug 2020 04:49
Last Modified: 12 Aug 2020 04:49
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/11510

Actions (login required)

View Item View Item