MANZULIN, MANZULIN (2017) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN Akhlak Siswa Di SMP Negeri 1 DAN SMP Satu Atap Negeri 1 Batu Brak Kecamatan Batu Brak Kabupaten Lampung Barat. Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.
Preview |
PDF
Download (15kB) | Preview |
Preview |
PDF
Download (129kB) | Preview |
Preview |
PDF
Download (151kB) | Preview |
Preview |
PDF
Download (180kB) | Preview |
Preview |
PDF
Download (1MB) | Preview |
Preview |
PDF
Download (3MB) | Preview |
Preview |
PDF
Download (428kB) | Preview |
Preview |
PDF
Download (3MB) | Preview |
Preview |
PDF
Download (234kB) | Preview |
Preview |
PDF
Download (424kB) | Preview |
Abstract
Implementasi pendidikan agama Islam di sekolah diharapkan dapat meningkatkan akhlak siswa menjadi lebih baik. Akan tetapi berdasarkan hasil penelitian awal di SMP Negeri 1 Batu Brak dan SMP Satu Atap Negeri 1 Batu Brak walaupun pendidikan agama Islam telah diimplementasikan di SMP Negeri 1 Batu Brak dan SMP Satu Atap Negeri 1 Batu Brak akan tetapi akhlak siswa masih banyak yang kurang baik. Untuk itulah dilakukan penelitian lebih mendalam tentang “Implementasi Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Akhlak Siswa di SMP Negeri 1 Batu Brak dan SMP Satu Atap Negeri 1 Batu Brak Kecamata Batu Brak Kabupaten Lampung Barat.” Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) bagaimanakah implementasi pendidikan agama Islam dalam meningkatkan akhlak siswa? dan 2) faktor-faktor apasajakah yang menjadi kendala dan pendukung dalam implementasi pendidikan agama Islam dalam meningkatkan akhlak siswa?, sehingga tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi pendidikan agama Islam dalam meningkatkan akhlak siswa di SMP Negeri 1 Batu Brak dan SMP Satu Atap Negeri 1 Batu Brak Kecamata Batu Brak Kabupaten Lampung Barat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan sumber datanya diambil dengan teknik purposive dan bersifat snowball sampling, yaitu kepala sekolah, guru dan siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan wawancara, yang kemudian hasilnya dianalisis dengan langkah-langkah mereduksi data, penyajian dan verifikasi data. Kesimpulan yang diperoleh adalah: 1) Implementasi pendidikan agama Islam dalam meningkatkan akhlak siswa di SMP Negeri Batu Brak dan SMP Negeri Satu Atap 1 Batu Brak sesuai dengan prinsip integral, keseimbangan, pendidikan seumur hidup, tidak dibatasi ruang dan jarak, berakhlakul karimah atau keteladanan yang baik, guna mewujudkan kebaikan hidup atau kebermaknaan, memberikan suasana kegembiraan, memberikan layanan dan santunan dengan lemah lembut dan kasih sayang, prasyarat, dan komunikasi terbuka. Akan tetapi masih kurang optimal dalam penerapan prinsip prinsip persamaan, keutamaan, bersungguh-sungguh dan rajin, penerapan atau pengaplikasian dan memberikan pengetahuan yang baru. 2) Faktor kendala implementasi pendidikan agama Islam dalam meningkatkan akhlak siswa di SMP Negeri 1 Batu Brak dan SMP Negeri Satu Atap 1 Batu Brak yaitu: a) faktor dalam diri siswa, b) faktor teman sepergaulan siswa, c) faktor kurangnya perhatian orangtua, d) faktor kurangnya kerjasama guru di sekolah, dan e) faktor kurangnya pengetahuan guru tentang implementasi pendidikan agama Islam. Faktor pendukungnya: faktor lingkungan sekolah yang agamis, 2) faktor keteladanan guru pendidikan agama Islam, dan 3) faktor konsistensi guru pendidikan agama Islam.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama islam |
Divisions: | Pasca Sarjana > S2 Ilmu Tarbiyah dan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms. Rohai Inah Indrakasih |
Date Deposited: | 23 Aug 2017 07:30 |
Last Modified: | 23 Aug 2017 07:30 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/1151 |
Actions (login required)
View Item |